Akun Instagram KBRI Beijing Diretas, Foto Profil Diganti Gambar Anime

Kompas.com - 26/10/2021, 18:15 WIB
Tangkapan layar akun Instagram resmi KBRI Beijing yang diretas. Instagram/@kbribeijingTangkapan layar akun Instagram resmi KBRI Beijing yang diretas.

KOMPAS.com - Akun Instagram (IG) resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, China, dengan handle @kbribeijing mengalami peretasan. Informasi ini diketahui dari kicauan beberapa pengguna Twitter.

Salah satunya diunggah oleh akun dengan handle @TxtdariHI yang menyertakan tangkapan layar laman profil akun @kbribeijing yang telah mendapatkan lencana biru (terverifikasi). Dalam gambar tersebut, tampak foto profil yang sempat diganti dengan foto sesosok pria.

Baca juga: Jaringan Kementerian Diduga Diretas, Pengamat: Perlu Dicek Kebenarannya

Foto tersebut juga dipajang di feed Instagram akun @kbribeijing. Keterangan nama "PK" dengan bendera negara Inggris.

Di bawahnya terdapat keterangan bio dan tautan yang tidak berkaitan dengan KBRI Beijing. KompasTekno telah mendapatkan izin untuk menyematkan tautan dari akun Twitter @TxtdariHI.

Pengguna Twitter lain juga mengunggah tampilan profil akun @kbribeijing yang berbeda, yakni dengan gambar tokoh anime Jepang yang terpasang sebagai foto profil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait hal tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah mengonfirmasi adanya peretasan yang dialami akun Instagram KBRI Beijing.

"KBRI mengonfirmasi akun IG-nya diretas," kata Faiz kepada KompasTekno melalui pesan singkat, Selasa (26/1/2021).

Faiz menambahkan, saat ini pihak KBRI Beijing telah melaporkan peretasan tersebut ke pihak Instagram. Saat ditanya kapan peretasan mulai diketahui, Faiz belum dapat memberikan penjelasan lebih lanjut, termasuk siapa pihak yang bertanggungjawab atas peretasan ini.

Baca juga: Cara Ganti Password Instagram agar Aman dari Peretas

Belum diketahui pula apakah saat ini pihak KBRI Beijing sudah bisa mengambil alih kembali akun tersebut atau belum.

"Saya masih menunggu laporan lengkapnya. Sejauh ini baru konfirmasi saja bahwa kejadian tersebut (peretasan) benar adanya," jelas Faiz.

Dari pantauan KompasTekno pada Selasa sore, akun @kbribeijing yang memiliki 113.000 pengikut saat ini terlihat kosong. Tidak ada satupun unggahan yang terpajang di feed maupun sorotan.

Sementara itu, foto profil yang terpasang masih menggunakan gambar tokoh anime serta tulisan "Soon" di bagian nama pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.