Ciri HP Android dan iPhone yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai 1 November 2021

Kompas.com - 26/10/2021, 15:03 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user

KOMPAS.com - WhatsApp mengumumkan bakal menghentikan dukungan untuk smartphone Android dan iPhone lawas mulai 1 November 2021. Artinya, perangkat-perangkat dimaksud tak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Adapun ciri HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 November mendatang adalah ponsel yang menjalankan sistem operasi lama.

Melalui laman resmi WhatsApp, disebutkan bahwa jenis HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan sistem operasi Android versi 4.0.4 dan iOS 9, atau versi lebih tua dari keduanya.

"Silakan ganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut," tulis pihak WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Ingat, Ponsel Android Ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November

Android versi 4.0.4 dikenal dengan julukan Ice Cream Sandwich dan diumumkan Google pada 19 Oktober 2011. Umurnya sudah genap sepuluh tahun. Google sendiri telah menghentikan dukungan untuk Android Ice Cream Sandwich tahun 2018 lalu.

Sejak 2020, Google tidak lagi menampilkan statistik distribusi sistem operasi Android berdasarkan versinya di situs developer Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, berdasarkan laporan dari Statcounter, seharusnya jumlah ponsel yang menjalankan OS Android versi 4.0.4 atau yang lebih lama seharusnya sudah sangat sedikit, di bawah angka terendah 3,44 persen yang dicatat oleh Android versi 8.0, Oreo. 

iPhone yang tidak bisa menggunakan WhatsApp

Sementara untuk jenis iPhone yang tidak bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 November 2021 nanti adalah iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 9 atau versi di bawahnya.
iOS 9 merupakan pembaruan dari iOS 8 yang dirilis Apple enam tahun lalu.

Berbeda dari Android, iPhone biasanya jauh lebih cepat mendapat update ke sistem operasi terbaru karena tidak ada masalah fragmentasi pembuat perangkat. iPhone pun bisa mendapat update ke iOS versi terbaru dalam waktu lebih lama, hingga 5 tahun sejak pertama dirilis.

Namun, tetap saja ada model-model iPhone lawas yang sudah "mentok" di versi iOS tertentu, alias tidak bisa update ke versi berikutnya yang lebih baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.