Fitur Caption Otomatis di Zoom Bisa Dipakai Pengguna Gratisan

Kompas.com - 27/10/2021, 13:04 WIB
ilustrasi Aplikasi Video Conference Zoom CNETilustrasi Aplikasi Video Conference Zoom

KOMPAS.com - Awalnya, fitur transkripsi instan di layanan video conference, Zoom hanya tersedia bagi pelanggan berbayar saja.

Namun, mulai Senin (25/10/2021), fitur tersebut sudah bisa diakses oleh semua pengguna aplikasi Zoom baik yang gratis maupun berbayar.

Transkripsi instan adalah fitur yang menyajikan teks yang dapat membantu pengguna Zoom memahami isi pembicaraan, ketika rapat berlangsung.

Menurut Product Marketing Manager Zoom, Theresa Larkin, fitur ini sejatinya berguna untuk mempermudah pengguna dari kalangan penyandang disabilitas. Tujuannya, agar mereka dapat lebih mudah dalam mengoperasikan aplikasi Zoom saat rapat.

Baca juga: Apa itu Untrusted Server Certificate di Zoom dan Cara Mengatasinya

"Tanpa tools aksesibilitas yang tepat, penyandang disabilitas akan mengalami hambatan saat mereka sedang melakukan video call," tutur Theresa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/10/2021), untuk sementara, fitur ini masih terbatas untuk mengubah audio atau suara dari Bahasa Inggris.

Suara lisan berbahasa Inggris akan ditampilkan dalam bentuk teks di layar, seperti subtitle di film.

Kedepannya, Zoom berencana akan menambah berbagai macam bahasa lainnya. Kendati demikian tidak disebutkan kapan dukungan untuk bahasa lain ini akan digelontorkan.

Baca juga: Paket Zoom Meeting Telkomsel, Mulai Rp 15.000 hingga Kuota 15 GB

Sebelum adanya fitur transkripsi instan ini, pengguna yang berperan sebagai host, harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga atau menambahkan teks secara manual.

Cara mengaktifkan fitur transkripsi instan di Zoom

Untuk mengaktifkan fitur transkripsi instan, Anda harus mengunjungi situs web Zoom di tautan berikut https://zoom.us/signin , lalu "Log In" ke akun Zoom Anda.

Setelah berhasil "Log In", klik opsi "Settings" di menu navigasi. Selanjutnya, klik tab "Meeting" lalu pilih menu "In Meeting (advanced)".

Scroll ke bawah hingga menemukan toggle "Closed Captioning". Untuk mengaktifkannya, Anda cukup menggeser toggle "Closed Captioning" ke arah kanan (hingga berwarna biru), kemudian klik tombol "Enable".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.