Kompas.com - 28/10/2021, 11:43 WIB
Sistem operasi Android 12L slashgear.comSistem operasi Android 12L

KOMPAS.com - Setelah merilis Android 12, Google pekan ini meluncurkan sistem operasi Android turunannya, bernama Android 12L.

Kehadiran sistem operasi Android 12L ini juga diumumkan Google melalui akun Twitter resmi Android Developers.

Google mengatakan, OS Android 12L ini ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar, seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat, atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apple Perkenalkan iPadOS 15, Bawa Fitur dari iOS 14

"Android 12L untuk perangkat yang bisa dilipat, tablet, yang menerapkan bahasa desain Material You," tulis akun Twitter Android Developers dalam kicauannya.

Bisa dibilang, sistem operasi Android 12L ini fungsinya mirip seperti OS untuk perangkat tablet buatan Apple, yaitu iPadOS.

Google sendiri menyebut bahwa Android 12L adalah pembaruan OS untuk perangkat layar besar, dengan menghadirkan berbagai tools multitasking dan tampilan antarmuka (UI) yang dioptimalkan.

Fitur-fitur Android 12L

Di Android 12L, Google juga menyempurnakan tampilan notifikasi, Quick Settings, Lock Screen, Overview, dan juga desain Home Screen.

Android 12Ltechcrunch.com Android 12L

Salah satu yang menarik adalah fitur multitasking yang mampu menampilkan beberapa taskbar sekaligus. Sepintas, tampilannya mirip seperti iPadOS.

Untuk perangkat tablet, Android 12L turut membawa dukungan fitur split screen. Sesuai namanya, fitur ini bisa membagi tampilan layar untuk membuat dua jendela aplikasi atau lebih.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Mode split screen di Android 12L juga diklaim Google kini menjadi lebih efisien. Pengguna hanya cukup menarik (drag) dan melepas (drop) jendela aplikasi dari taskbar ke layar untuk menjalankannya.

Halaman:


Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.