Resmi, Pengguna Bisa Beli Suku Cadang dan Perbaiki Sendiri iPhone yang Rusak

Kompas.com - 18/11/2021, 15:09 WIB
Apple iPhone 13 Pro Max Tomsguide.comApple iPhone 13 Pro Max

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan program terbaru untuk pelanggan bernama Self Service Repair. Sesuai namanya, melalui program ini, pengguna perangkat Apple akan dapat memperbaiki perangkat mereka sendiri tanpa perlu pergi ke tempat perbaikan resmi.

Dengan metode pelayanan mandiri ini pengguna produk Apple akan dapat memperoleh suku cadang, alat perbaikan, dan panduan perbaikan resmi langsung dari Apple.

Sebelumnya, suku cadang resmi Apple dan peralatan untuk perbaikan perangkat hanya dapat diperoleh oleh teknisi di Apple Store, Apple Authorized Service Providers (AASP), atau Independent Repair Provider yang tersebar di sejumlah negara.

Program ini baru akan berjalan pada 2022 mendatang. Rencananya, program ini akan dimulai di wilayah Amerika Serikat dan segera diperluas ke negara-negara lain secara bertahap.

Pada tahap pertama, suku cadang dan alat-alat perbaikan akan tersedia untuk perangkat iPhone 12 dan iPhone 13. Kemudian akan tersedia pula untuk perangkat komputer Mac dengan chip M1.

Baca juga: Bukan iPhone, Bos Apple Sarankan Beli Android kalau Ingin Fitur Ini

Pada tahap awal ini ada tiga jenis suku cadang yang akan ditawarkan Apple lewat program Self Service Repair, yaitu layar iPhone, baterai, dan kamera. Sedangkan, untuk jenis perbaikan lainnya akan ditambahkan secara bertahap hingga akhir tahun 2022.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, belum dijelaskan berapa biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk mendapat ketiga jenis suku cadang tersebut.

"Memberikan akses ke suku cadang asli Apple, akan memberi pelanggan kami lebih banyak pilihan jika perbaikan diperlukan," kata Jeff Williams, Chief Operating Officer Apple.

Program ini sebenarnya ditujukan untuk pengguna yang memang memiliki pengalaman atau pengetahuan soal perbaikan alat elektronik.

"Untuk sebagian besar pelanggan, mengunjungi penyedia layanan perbaikan profesional dengan teknisi bersertifikat yang menggunakan suku cadang asli Apple adalah cara paling aman dan paling andal untuk mendapatkan perbaikan," tulis Apple di halaman resminya. 

Halaman:


Sumber Apple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.