Kompas.com - 19/11/2021, 07:10 WIB
Ilustrasi TikTok Later.comIlustrasi TikTok
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari upayanya melindungi keamanan pengguna, TikTok berkomitmen untuk terus memberantas dan mencegah peredaran konten berisi tantangan alias challenge berbahaya di jejaring sosialnya.

Menurut survei TikTok, dari lima remaja pengguna TikTok ada lebih dari satu yang gemar membuat konten challenge berbahaya.

Namun, hanya satu dari 50 orang yang berani membuat konten yang berisiko dan berbahaya. Dari sekitar 300 orang, kurang dari satu diantara mereka yang berani melakukan challenge yang dianggap sangat berbahaya.

Baca juga: Daftar 46 Emoji Rahasia di TikTok dan Cara Menggunakannya

TikTok juga membuat survei khusus untuk mengetahui bagaimana cara pencegahan yang efektif dalam menangkal peredaran konten challenge berbahaya di platform media sosialnya. 

Survei ini melibatkan beberapa partisipan diantaranya yaitu guru, orang tua, dan 5.400 remaja berusia 13 hingga 19 tahun di sejumlah negara seperti Indonesia, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Australia, Italia, Brasil, Meksiko, Vietnam dan Argentina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar konten challenge berbahaya tidak terus merajalela, TikTok memiliki cara untuk menangkal peredaran konten tersebut.

Mendeteksi konten yang tidak relevan dengan tagar

TikTok mengandalkan teknologi khusus yang mampu mendeteksi keberadaan konten-konten yang dianggap melanggar aturan secara otomatis.

Misalnya jika tagar #foodchallenge yang biasanya digunakan untuk konten video masak tiba-tiba dipenuhi oleh kumpulan konten challenge berbahaya. Maka, tim keamanan TikTok akan menyelidiki konten berbahaya tersebut.

"Jika kami melihat lonjakan konten terkait hashtag yang tidak relevan dan melanggar kebijakan, tim kami akan segera mencari penyebabnya," kata Alexandra Evans, Head of Safety Public Policy TikTok.

Baca juga: Perombakan Besar-besaran Induk TikTok

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BBC, Jumat (19/11/2021), TikTok pun memiliki kebijakan untuk menghapus konten-konten yang mengandung unsur berbahaya lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.