Twitter Uji Coba "Live Shopping", Bisa Belanja Sambil Nonton Live Streaming

Kompas.com - 23/11/2021, 17:02 WIB
Tampilan Live Shopping, fitur belanja online yang akan diuji coba Twitter dalam waktu dekat. TwitterTampilan Live Shopping, fitur belanja online yang akan diuji coba Twitter dalam waktu dekat.

KOMPAS.com - Fenomena social commerce atau belanja online lewat media sosial tengah menjadi tren. Sebagai platform microblogging paling populer, Twitter pun tak mau ketinggalan tren social commerce ini.

Pada Juli lalu, Twitter mengumumkan tengah menguji coba secara terbatas "Shop Module", sebuah fitur belanja untuk mempromosikan produk dagangan pengguna di profil Instagram, mirip seperti yang ada di Instagram.

Baca juga: Mengenal Social Commerce, Fenomena Belanja lewat Media Sosial

Makin serius menghadirkan fitur belanja online, Twitter kini mengumumkan akan menguji coba fitur baru belanja "Live Shopping" untuk pertama kalinya dalam waktu dekat atau tepatnya pada Minggu (28/11/2021) mendatang.

Kehadiran Live Shopping diumumkan melalui sebuah posting di blog resmi Twitter, baru-baru ini. Saat uji coba, fitur Live Shopping ini baru bisa didapatkan oleh pengguna Twitter di desktop dan perangkat iOS.

Bisa nonton live streaming sambil belanja online

Live Shopping adalah calon fitur baru yang memungkinkan pengguna menyaksikan video live streaming dari toko atau brand favorit mereka ketika sedang menjajakan produk beserta promonya.

Sembari menyaksikan live streaming, pengguna bisa belanja online dari toko tersebut. Dalam sebuah gambar yang disertakan oleh Twitter, pengguna tampaknya bisa mengakses live streaming dari suatu toko melalui menu "Home".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika masuk ke live streaming, pengguna akan menemui antarmuka Live Shopping. Di bagian atas, pengguna dapat melihat acara live streaming yang disiarkan oleh toko atau brand tertentu.

Fitur Live Shopping di Twitter.Twitter Fitur Live Shopping di Twitter.
Di bawah video live streaming, pengguna akan melihat sebuah banner yang memuat produk yang dijual oleh toko tersebut. Lanjut ke bagian bawah lagi, pengguna bisa menemukan detail acara live yang ditontonnya.

Selanjutnya, pengguna akan menemui tab "Shop", mirip seperti di Instagram. Di tab ini, pengguna bisa melihat gambar, nama, deskripsi singkat, berikut harga produk yang dijual toko.

Ketika diklik, pengguna akan menemui situs toko tersebut dalam tampilan in-app browser (langsung di aplikasi Twitter).

Uniknya, saat dalam mode in-app browser, tampilan live streaming yang disiarkan oleh toko tadi akan tetap muncul dalam jendela seperti picture-in-picture. Dengan begitu, pengguna tak akan melewatkan siaran langsung meski sedang berbelanja online.

Baca juga: Foto di Twitter Desktop Kini Tidak Terpotong

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.