Fitur Baru WhatsApp Web, Bikin Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 28/11/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Stiker menjadi salah satu fitur favorit di WhatsApp. Sebab, stiker menjadi cara lain pengguna WhatsApp untuk berkomunikasi.

Sadar akan hal tersebut, WhatsApp pun kian memperkaya fitur stiker di platform-nya. Paling baru, anak perusahaan Meta itu menghadirkan fitur untuk membuat stiker WA tanpa aplikasi tambahan.

Fitur tersebut baru hadir untuk WhatsApp versi web. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat stiker WA langsung dari foto atau gambar pribadi.

Selama ini, pengguna harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker WA. Bagi beberapa pengguna, cara itu cukup merepotkan.

Fitur ini sudah digulirkan ke pengguna WhatsApp Web. Dari pantauan KompasTekno, fitur membuat stiker WA langsung di WhatsApp juga sudah bisa dicoba di Indonesia.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Tombol Reaksi Pesan Mirip Facebook

Cara bikin stiker WA tanpa aplikasi tambahan

Sebelum membuat stiker WA, pastikan dulu Anda sudah masuk ke WhatsApp versi web, yakni dengan membuka alamat web.whatsapp.com.

Cara menghubungkan akun WhatsApp ke versi web bisa dilihat di artikel berikut. Setelah akun terhubung, ikuti langkah berikut:

  • Buka chatroom/ruang obrolan yang ingin dikirimi WhatsApp.
  • Klik tombol "attach" yang berupa ikon klip kertas.
  • Pilih ikon stiker.
  • Pilih gambar dari galeri komputer yang ingin diedit untuk menjadi stiker.
  • Edit gambar sesuai kehendak. Gambar bisa dipotong, ditambah teks, atau ditambah emoji.
  • Jika sudah selesai diedit, klik tombol kirim atau anak panah ke kanan.

Seperti stiker pada umumnya, pengguna bisa menyimpan atau menambahkan ke favorit untuk memperkaya koleksi, serta dibagikan ke pengguna lain.

Cara membuat stiker custom di WhatsApp WebKompas.com/Wahyunanda Cara membuat stiker custom di WhatsApp Web

Baca juga: 4 Fitur Baru WhatsApp di 2021 dan Cara Menggunakannya

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Minggu (27/11/2021), fitur untuk membuat stiker WA ini juga akan hadir di WhatsApp versi desktop. Namun, belum diketahui kapan akan digelontorkan.

Belum diketahui juga apakah WhatsApp akan merilis atau tidak mengenai fitur yang sama untuk versi aplikasi mobile di platform Android dan iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.