Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar, Bocoran Lengkap Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy S22 dan S22 Plus

Kompas.com - 02/12/2021, 11:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Jelang akhir tahun 2021, bocoran mengenai penerus dari lini ponsel Samsung Galaxy S21, yakni Galaxy S22 series terus bertebaran di internet.

Ponsel flagship Samsung tersebut diramalkan bakal hadir pada Februari 2022 mendatang dalam tiga model, yaitu Galaxy S22 versi "reguler", Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra.

Yang paling baru, bocoran konfigurasi kamera untuk model Galaxy S22 versi "reguler" dan Galaxy S22 Plus juga ikut tersiar di ruang maya.

Informasi ini dibagikan oleh pembocor gadget kenamaan Ice Universe yang kerap memberi bocoran akurat.

Melalui sebuah twit di akun Twitter dengan handle @UniverseIce, ia mengatakan bahwa Galaxy S22 versi reguler dan plus, masing-masing akan dibekali tiga kemera belakang dan sebuah kamera selfie.

Baca juga: Samsung Galaxy A03 Meluncur, Bawa Kamera 48 MP dan Baterai 5.000 mAh

Konfigurasi seluruh kamera yang ada pada dua ponsel itu juga diyakini identik. 

Di bagian layar depan, Galaxy S22 versi reguler dan Galaxy S22 Plus disebut bakal dibekali dengan kamera selfie beresolusi 10 MP (f/2.2).

Sementara di bagian punggungnya, duo calon ponsel flagship Samsung itu konon memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), serta kamera telefoto 10 MP (f/2.4, optical zoom 3x).

Detail konfigurasi kamera Galaxy S22 dan S22 Plus.GSMArena Detail konfigurasi kamera Galaxy S22 dan S22 Plus.
Dari segi kuantitas, kamera belakang Galaxy S22 dan S22 Plus sama dengan pendahulunya, yakni berjumlah tiga buah.

Yang berbeda, Samsung merombak besaran megapiksel pada sensor yang digunakan pada kamera utama dan kamera telefoto Galaxy S22 dan S22 Plus.

Bila bocoran yang dibagikan @UniverseIce benar, maka Galaxy S22 dan S22 Plus bakal dibekali dengan kamera utama dengan resolusi lebih tinggi dibanding pendahulunya, yaitu dari resolusi 12 MP ditingkatkan menjadi 50 MP.

Di sisi lain, resolusi kamera telefoto Samsung Galaxy S22 dan S22 Plus justru dipangkas menjadi 10 MP (f/2.4, optical zoom 3x). Padahal sebelumnya, Galaxy S21 dan S21 Plus dibekali kamera telefoto beresolusi 64 MP (f/2.0, optical zoom 3x).

Baca juga: Samsung Dikabarkan Setop Galaxy Note, Fokus ke Ponsel Lipat Galaxy Z

Bocoran kamera Galaxy S22 Ultra

Sementara menurut rumor yang beredar sebelumnya, model tertinggi di lini Galaxy S22, yaitu S22 Ultra disinyalir bakal dibekali dengan empat kamera belakang.

Empat kamera itu terdiri dari keempat kamera utama 108 MP, kamera ultra wide 12 MP, dan dua kamera telefoto 12 MP dengan masing-masing mendukung optical zoom 3x dan 10x. Sementara kamera depan Galaxy S22 Ultra konon beresolusi 40 MP

Selain konfigurasi kamera, @UniverseIce juga memberikan bocoran soal ukuran layar Galaxy S22 series, yaitu 6,06 inci untuk Galaxy S22 dan 6,55 inci untuk Galaxy S22 Plus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Kamis (2/12/2021).

Tentu, karena masih berupa rumor, beragam informasi yang diutarakan di atas belum bisa dipastikan kebenarannya. Samsung sendiri juga belum memberikan informasi resmi apapun soal kehadiran Galaxy S22 series pada 2022 mendatang.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M52 5G, Ponsel Ringan dengan Baterai Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com