Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Disebut Akan Luncurkan Smartwatch Pertamanya Tahun Depan

Kompas.com - 07/12/2021, 19:25 WIB
Soffya Ranti,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google disebut akan merilis smartwatch pertamanya pada 2022 mendatang. Kabar tersebut berasal dari sumber terdekat industri dan laporan terbaru dari outlet media Insider.

Menurut laporan,smartwatch dengan kode "Rohan" ini dibuat oleh divisi hardware Google Pixel yang terpisah dari Fitbit.

Fitbit sendiri merupakan salah satu pinoir di ranah perangkat gelang pintar. Google mengakuisisi Fitbit dengan nilai 2,1 miliar dollar AS atau setara Rp 29,3 triliun pada akhir 2019 lalu.

Google sendiri walau telah menelurkan produk hardware seperti smartphone Pixel, namun, hingga kini belum memiliki portofolio perangkat jam tangan cerdas.

Baca juga: Samsung Bayangi Apple di Pasar Smartwatch

Padahal, sejak 2014 lalu Google memiliki "modal" kuat untuk memproduksi smartwatch sendiri dengan membuat sistem operasi khusus smartwatch yakni WearOS.

Sebagai informasi, WearOS adalah sistem operasi terbuka berbasis Android. WearOS dapat digunakan oleh para vendor pembuat smartwatch seperti Samsung dengan Galaxy Watch-nya.

Smartwatch buatan Google ini nantinya akan memiliki fitur kebugaran dasar, seperti penghitungan langkah dan monitor detak jantung.

Pengguna juga konon akan dapat memanfaatkan berbagai fitur smartwatch yang terintegrasi dengan berbagai produk Google seperti Google Calendar, Google Play, Google Keep, Google Mail, dan Google Maps.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (7/12/2021), smartwatch ini kemungkinan dibanderol lebih mahal daripada produk Fitbit, sehingga harganya bisa di atas 299 dollar AS atau Rp 4,2 juta.

Baca juga: Inikah Smartwatch Pertama Buatan Facebook?

Jam tangan cerdas buatan Google ini diharapkan akan dapat bersaing dengan smartwatch lain seperti Apple Watch.

Menurut laporan, Google sebenarnya hampir memiliki smartwatch besutannya sendiri.

LG Watch Sport dan LG Watch Style yang dirilis pada tahun 2017, pada awalnya akan dipasarkan sebagai bagian dari merek Pixel. Namun, salah satu petinggi Google membatalkan ide tersebut lantaran kedua smartwatch itu "kurang berkesan" saat diluncurkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com