Inikah Smartwatch Pertama Buatan Facebook?

Kompas.com - 10/06/2021, 16:02 WIB
Facebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara. AP PHOTO/JENNY KANEFacebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara.

KOMPAS.com - Sejak awal 2021 ini, Facebook disebut-sebut tengah mempersiapkan perangkat anyar. Perangkat tersebut konon adalah sebuah smartwatch yang akan diperkenalkan tahun depan.

Media teknologi The Verge memperoleh serangkaian bocoran baru mengenai perangkat ini. Menurut laporan, smartwatch ini akan dibekali layar dengan dua kamera (depan dan belakang) yang mampu menghasilkan gambar beresolusi 1080 piksel. Kamera tersebut juga dibekali fitur autofocus.

Layar tersebut akan disematkan pada bingkai stainless steal, dan bisa dilepas-pasang dari bingkai. Dengan begitu, pengguna bisa dengan leluasa mengambil foto selfie dan foto lainnya.

Kabarnya, smartwatch ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi media sosial yang berada di bawah naungan Facebook, termasuk Instagram.

Baca juga: Cara Baru Influencer Hasilkan Uang di Facebook dan Instagram

Sehingga, pengguna akan bisa langsung membagikan foto-foto yang diambil dari jam tangan pintar pertama Facebook itu ke media sosial.

Facebook dirumorkan tengah mengerjakan smartwatch pertamanya.The Verge Facebook dirumorkan tengah mengerjakan smartwatch pertamanya.
Smartwatch rancangan Facebook ini juga disebut memiliki fitur pendeteksi detak jantung, konektivitas LTE, aplikasi telepon, dan kemungkinan juga menggunakan sistem operasi khusus dari Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Smartwatch pertama Facebook ini paling cepat setidaknya akan dirilis pada musim panas atau sekitar bulan Juni 2022 mendatang. Banderol harganya diestimasikan sekitar 400 dollar AS atau kira-kira sekitar Rp 5,7 juta.

Rumor lain menyebutkan, smartwatch ini juga akan dapat "berinteraksi" dengan kacamata AR milik Facebook.

VP augmented dan virtual reality Facebook Andrew Bosworth, juga sempat merespons rumor tersebut melalui sebuah kicauan. Ia tak membenarkan atau menyangkal soal rumor tersebut.

Namun menurut Bosworth, Facebook ingin kacamata AR miliknya dapat berguna. Jadi perusahaan berinvestasi di seluruh teknologi yang memungkinkan kacamata AR-nya menghadirkan pengalaman yang lebih baik lagi untuk penggunanya.

Baca juga: Begini Cara Facebook Memberantas Konten Berisi Ujaran Kebencian

"Ini termasuk penelitian seperti EMG, haptics, antarmuka adaptif yang dapat digabungkan dalam perangkat berbasis pergelangan tangan," kicau Bosworth.

Tentu, karena masih berupa rumor, bocoran layar dan fitur smartwatch pertama Facebook di atas belum tentu benar. Pihak Facebook sendiri hingga saat ini juga belum memberikan informasi resmi apapun soal kehadiran smartwatch perdananya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (10/6/2021).

Meski begitu, Facebook dilaporkan telah menghabiskan sekitar 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,2 triliun) untuk pengembangan jam tangan pintar tersebut.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.