Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Operator Seluler dengan Internet Terkencang di Indonesia, Telkomsel Teratas

Kompas.com - 09/12/2021, 08:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Lembaga riset jaringan mobile, OpenSignal, kembali melakukan riset untuk mengukur kecepatan internet pada lima operator seluler terbesar di Indonesia.

Dalam laporan bertajuk "Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2021", OpenSignal memaparkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap operator seluler Tri, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL.

Dari riset tersebut, Telkomsel kembali dinobatkan sebagai operator seluler yang mencatat kecepatan download dan upload tertinggi secara nasional versi OpenSignal.

OpenSignal melaprokan kecepatan download internet Telkomsel rata-rata mencapai 16,3 Mbps.

Baca juga: Riset Opensignal: Telkomsel Tercepat, Tri Unggul di Gaming

Angka tersebut 5,3 persen lebih cepat dibandingkan XL yang di urutan kedua dengan kecepatan download rata-rata 15,5 Mbps.

Kecepatan download (pengunduhan) operator seluler di Indonesia.OpenSignal Kecepatan download (pengunduhan) operator seluler di Indonesia.

Telkomsel 16,3 Mbps
XL Axiata 15,5 Nbps
Indosat Ooredoo 13,2 Mbps
Hutchison Tri Indonesia (3) 10,9 Mbps
Smartfren 8,9 Mbps

 

Menyusul di urutan ketiga, Indosat mencatat kecepatan download rata-rata sebesar 13,2 Mbps.

Adapun posisi keempat dan kelima diisi oleh Hutchison Tri dan Smartfren dengan kecepatan download rata-rata masing-masing 10,98 Mbps dan 8,9 Mbps.

Sementara untuk rata-rata kecepatan upload (unggah), Telkomsel lagi-lagi unggul dengan kecepatan upload mencapai 8,1 Mbps.

"Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah karena pengguna menikmati unduh rata-rata tercepat 16,3 Mbps dan kecepatan unggah 8,1 Mbps di jaringan Telkomsel," ungkap analis OpenSignal, Hardik Khatri, dihimpun KompasTekno dari OpenSignal, Rabu (8/12/2021).

Kecepatan upload operator seluler di Indonesia.OpenSignal Kecepatan upload operator seluler di Indonesia.

Telkomsel 8,1 Mbps
Indosat Ooredoo 7,2 Mbps
XL Axiata 6,7 Mbps
Hutchison Tri Indonesia (3) 5,9 Mbps
Smartfren 1,7 Mbps

Meski berada di posisi ketiga dalam urutan kecepatan download, Indosat berada di posisi kedua dalam hal kecepatan upload.

Baca juga: Ranking Kecepatan Internet 5 Operator Seluler Indonesia, Siapa Juaranya?

OpenSignal melaporkan bahwa Indosat meraih kecepatan upload hingga 7,2 Mbps. Kecepatan tersebut lebih tinggi dibanding XL dan Tri, yang masing-masing di angka 6,7 Mbps dan 5,9 Mbps.

Menempati posisi terakhir, angka kecepatan upload rata-rata Smartfren cukup berbeda jauh dengan keempat rivalnya, dengan capaian 1,7 Mbps.

Sebagai informasi, riset yang dijabarkan dalam laporan OpenSignal telah dilaksanakan selama 90 hari, yakni mulai dari 1 Agustus 2021 hingga 29 Oktober 2021.

Informasi lebih detail tentang hasil riset ini bisa dilihat di situs resmi OpenSignal di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com