Cara Bikin Instagram Playback, Rangkum Stories 2021

Kompas.com - 10/12/2021, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Instagram merilis fitur baru bernama Playback, yang mirip dengan Spotify Wrapped. Instagram Playback menampilkan rangkuman aktivitas yang pernah dibuat pengguna sepanjang 2021.

Instagram belum mengumumkan fitur ini secara resmi, namun sejumlah pengguna telah mendapatkan fitur tersebut, dan membagikannya, seperti pengguna yang juga karyawan Meta, Alexandru Voica.

Melalui akun Twitter-nya, Voica menggungah gambar yang berisi tampilan dari Instagram Playback. Fitur ini akan muncul secara otomatis sebagai banner di Feed pengguna, dengan tulisan “View your 2021 Playback” dan tombol “View Playback”.

Baca juga: Instagram Dipastikan Bawa Kembali Urutan Posting Berdasar Waktu

Dari keterangan Voica, fitur ini akan menampilkan rangkuman Stories yang pernah diunggah pengguna selama 2021 di Instagram. Untuk menampilkan rangkuman itu, pengguna cukup menekan tombol View Playback saja.

Setelah itu, Instagram akan menyusun carousel dari kumpulan Stories yang pernah diunggah pengguna. Voica menuturkan bahwa fitur telah resmi dirilis Instagram per 9 Desember 2021.

Pantuan KompasTekno di beberapa akun Instagram Indonesia, Jumat (10/12/2021) sore, belum ditemukan banner Playback yang muncul di Feed pengguna. Kemungkinan fitur ini akan disebarkan ke pengguna secara bertahap.

Meski belum muncul banner Playback, namun KompasTekno menemukan bahwa terdapat akun yang sudah bisa membuat Playback tanpa klik banner, melainkan lewat stiker “2021”. Stiker ini sudah muncul di perangkat iOS dan Android.

Baca juga: Facebook dan Instagram Rilis Fitur Mirip Spotify Wrapped

KompasTekno mencoba cara ini dengan menggunakan perangkat berbasis iOS. Apabila Anda tidak sabar menunggu banner Playback muncul di Feed Instagram, silahkan coba cara berikut ini:

Pertama, buka Instagram, lalu buat Stories. Setelah itu, pilih stiker yang bergambar “2021” dan unggah stories tersebut.

Ilustrasi Cara Buat Playback InstagramZulfikar Ilustrasi Cara Buat Playback Instagram

Langkah berikutnya adalah lihat Stories dengan stiker “2021” yang telah Anda buat tadi. Saat Anda melihat Stories tersebut, akan muncul banner Playback beserta tombol “ View Playback” di bagian bawah.

Ilustrasi Cara Buat Playback InstagramZulfikar Ilustrasi Cara Buat Playback Instagram

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.