Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Status Last Seen WhatsApp Bakal Disembunyikan dari Orang Asing

Kompas.com - 14/12/2021, 13:14 WIB

KOMPAS.com - Layanan pesan instan WhatsApp memiliki fitur yang menampilkan status last seen dan online. Kedua fitur itu memungkinkan orang lain untuk melihat kapan terakhir kali pengguna membuka aplikasi WhatsApp dan kapan pengguna sedang membuka aplikasi.

Kabar terbaru, WhatsApp merombak kebijakan fitur last seen di aplikasinya. WhatsApp dilaporkan akan menyembunyikan status last seen dan online pengguna dari orang asing secara default.

Adapun orang asing yang dimaksud adalah orang yang tidak terdaftar di kontak ponsel pengguna atau orang yang belum pernah berkirim pesan dengan pengguna.

Perombakan status last seen dan online ini terungkap dari tangkapan layar e-mail dari pihak WhatsApp Support, yang dibagikan oleh salah satu warganet di Twitter.

Dalam e-mail tersebut, pihak WhatsApp Support mengungkapkan bahwa perombakan fitur last seen tersebut bertujuan untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna WhatsApp.

"Kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum pernah berkirim, untuk melihat status last seen dan online Anda," tulis pihak WhatsApp Support.

Perombakan ini hanya berlaku pada orang "asing", tidak berlaku pada teman, keluarga, kolega, atau orang lain yang sudah terdaftar di kontak ponsel pengguna atau sudah pernah berkirim pesan sebelumnya.

Sebelum dirombak, status last seen secara default bisa dilihat oleh semua orang (everybody).

Untuk menyembunyikannya, pengguna harus mengubah pengaturan last seen secara manual, yakni dari opsi semua orang (everybody) ke opsi my contact (hanya bisa dilihat oleh kontak saya) atau nobody (tidak bisa dilihat oleh siapapun).

Pengaturan status last seen tersebut bisa diubah melalui "Settings" > "Account" > "Privacy" > "Last seen".

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke