Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Instagram Capai 2 Miliar?

Kompas.com - 15/12/2021, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Popularitas Instagram kini semakin melejit. Hal ini ditandai dengan jumlah pengguna yang meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Baru-baru ini, Instagram dilaporkan berhasil mencapai tonggak sejarah baru, yakni dengan mencapai 2 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU).

Hal tersebut terungkap setelah seorang karyawan Instagram yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada CNBC. Sumber tersebut mengaku jumlah pengguna aktif bulanan Instagram naik drastis, dalam sebuah percakapan internal.

Seorang sumber lain bahkan mengatakan jumlah 2 miliar pengguna aktif bulanan Instagram sudah dicapai pada Oktober 2021 lalu, atau sekitar seminggu sebelum perusahaan induk Instagram, Facebook Inc. mengubah namanya menjadi Meta.

Baca juga: Prediksi Instagram, 12 Kesukaan Gen-Z pada 2022

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, juru bicara Instagram menolak berkomentar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Rabu (15/12/2021).

1 miliar pengguna dalam 3 tahun

Bila benar Instagram memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan pada 2021, ini artinya Instagram juga sudah mulai menyamai jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi yang juga di bawah naungan Meta, yaitu Facebook dan WhatsApp.

Menurut data Statista, Facebook dilaporkan memiliki sekitar 2,91 miliar MAU per Oktober 2021, sementara WhatsApp memiliki 2 miliar MAU per Maret 2020.

Yang menarik, jika disimak, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram melejit dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Kilas balik sedikit, Instagram sempat mengumumkan bahwa aplikasinya sudah mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan pada 2018 lalu. Angka 1 miliar MAU tersebut baru bisa dicapai Instagram dalam kurun waktu delapan tahun sejak didirikan pada 2010 lalu.

Baca juga: Instagram Tutup Aplikasi Pesan Threads Akhir 2021

Selang tiga tahun sejak pengumuman 1 miliar MAU, Instagram berhasil melipat jumlah pengguna aktif bulanan aplikasinya menjadi 2 miliar pada 2021 ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.