Cara Membuat Angka Romawi pada Halaman Microsoft Word

Kompas.com - 05/01/2022, 14:15 WIB
Sebagai akhir dari cara membalas email HRD untuk panggilan wawancara kerja, pastikan mengakhiri dengan kata penutup yang sesuai dan sopan. PEXELS/SHVETS PRODUCTIONSebagai akhir dari cara membalas email HRD untuk panggilan wawancara kerja, pastikan mengakhiri dengan kata penutup yang sesuai dan sopan.

KOMPAS.com - Dalam menyusun dokumen seperti skripsi, jurnal, buku, proposal, atau sejenisnya, angka romawi masih sering digunakan. Salah satunya sebagai penomoran halaman.

Angka romawi sebagai nomor halaman kadang diletakkan pada bagian Awal tulisan tersebut, seperti pada halaman "Pengantar" atau "Daftar Isi".

Angka romawi di Microsoft Word dapat secara otomatis dijadikan nomor halaman. Jadi, Anda tidak perlu repot mengetik manual untuk membuat angka romawi jadi nomor halaman di Microsoft Word yang tentu memakan banyak waktu dan kurang efisien.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word secara Otomatis

Cara membuat angka romawi pada halaman Microsoft Word

Apabila Anda ingin membuat angka romawi jadi nomor halaman di Microsoft Word secara otomatis, simak penjelasannya berikut ini:

  1. Buka dokumen Microsoft Word Anda
  2. Pilih halaman dari dokumen tersebut yang ingin Anda masukan angka romawi sebagai nomor halaman
  3. Setelah memilih, klik tab "Insert" lalu klik opsi "Page Number"
  4. Kemudian, pilih opsi "Format Page Number"
  5. Setelah itu, akan muncul jendela yang memuat pengaturan nomor halaman
  6. Klik opsi "Number Format" untuk memilih bentuk angka yang akan digunakan sebagai nomor halaman
  7. Pilih angka romawi dalam drop down menu yang muncul saat Anda klik opsi "Number Format"
  8. Setelah Anda pilih, Klik "Ok" untuk menyelesaikan pengaturan.

Ilustrasi cara buat angka romawi jadi nomor halaman di Microsoft WordKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara buat angka romawi jadi nomor halaman di Microsoft Word

Kini, angka romawi sudah muncul sebagai nomor halaman di dokumen Microsoft Word Anda.

Baca juga: Cara Kembalikan File Microsoft Word yang Belum Tersimpan Akibat Laptop Mati

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan penggunaan angka romawi dan angka biasa, sebagai nomor halaman yang berbeda di dalam satu dokumen Microsoft Word.

Cara gabung halaman angka romawi dan angka biasa di Microsoft Word

Anda bisa menggabungkan halaman dengan nomor halaman berformat angka romawi dan angka biasa dalam satu dokumen Microsoft Word.

Apabila Anda ingin menggabungkan halaman dengan nomor halaman berbeda format, begini caranya:

  1. Letakkan kursor di bagian akhir teks yang ada di halaman dengan nomor angka romawi tersebut, kemudian klik tab “Layout”, lalu klik opsi “Breaks” dan pilih “Next Page”.
  2. Opsi "Next Page" berfungsi untuk memisahkan halaman satu dengan yang lain agar dapat disisipkan format nomor halaman yang berbeda
  3. Setelah muncul halaman baru, pindah kursor ke halaman tersebut, klik tab "insert", lalu klik opsi "Page Number" dan pilih "Format Page Number"
  4. Ubah nomor halaman yang sebelumnya berbentuk angka romawi jadi angka biasa melalui opsi "Number Format"
  5. Setelah itu, klik "Ok" untuk menyelesaikan pengaturan.

Baca juga: Cara Menggunakan Page Break di Microsoft Word dan Jenisnya

Untuk contoh hasilnya, dapat dilihat melalui gambar di bawah ini. Dari gambar tersebut, terlihat nomor halaman dengan bentuk angka romawi menjadi satu dengan yang berbentuk angka biasa.

Ilustrasi cara gabung halaman angka romawi dan angka biasa di Microsoft WordKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara gabung halaman angka romawi dan angka biasa di Microsoft Word

Dalam menjelaskan cara ini, KompasTekno menggunakan perangkat berbasis MacOS dengan versi Microsoft Word 2019. Berbeda jenis perangkat dan versi Microsoft Word, kemungkinan juga akan berbeda dalam tahapannya.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu membuat dokumen baru supaya bisa menggabungkan nomor halaman berbentuk angka romawi dan angka biasa. Demikian cara membuat angka romawi jadi nomor halaman di Microsoft Word, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.