Cara Menerjemahkan Bahasa Lewat Kamera HP di Google Translate

Kompas.com - 11/01/2022, 15:16 WIB

KOMPAS.com - Bagi sejumlah pengguna sudah tidak asing lagi dengan layanan penerjemah bahasa milik Google, yakni Google Translate. Layanan ini sangat mudah digunakan dan terdapat berbagai jenis bahasa yang bisa diterjemahkan.

Ada berbagai fitur penerjemah yang disediakan Google Translate, termasuk menerjemahkan teks melalui kamera ponsel. Caranya, Anda tinggal mengarahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan.

Kemudian, Google Translate akan memindai teks tersebut dan secara otomatis akan diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang Anda pilih. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyalin (copy) dan menempel (paste) teks ke kolom Google Translate untuk menerjemahkannya.

Untuk bisa mengakses fitur ini, Anda perlu memiliki aplikasi Google Translate di HP Android atau iPhone terlebih dulu. Apabila Anda ingin mencoba fitur ini, berikut cara menerjemahkan bahasa lewat kamera ponsel di Google Translate.

  • Unduh aplikasi Google Translate via Google Play Store (Android) dan App Store (iPhone), kemudian install aplikasi tersebut
  • Buka aplikasi Google Translate, lalu atur terjemahan bahasa, misal terjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Pengaturan terjemahan bahasa ini dapat diakses secara cepat melalui ikon dua panah saling berlawanan di halaman awal aplikasi
  • Setelah mengatur terjemahan pada halaman awal aplikasi, klik ikon kamera untuk mengakses opsi terjemahan bahasa lewat kamera ponsel
  • Kemudian, kamera ponsel akan terbuka dan Anda bisa mulai menerjemahkan bahasa lewat teks yang ditangkap lewat kamera.

Ilustrasi cara menerjemahkan bahasa lewat kamera ponsel di Google TranslateKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menerjemahkan bahasa lewat kamera ponsel di Google Translate

Selanjutnya, Anda akan disajikan dengan tiga cara untuk menerjemahkan bahasa lewat kamera di aplikasi Google Translate.

Pertama, Instant. Anda bisa menerjemahkan teks secara langsung tanpa perlu mengambil gambar. Jadi, Google Translate akan secara otomatis memindai teks yang muncul di layar kamera ponsel Anda.

Caranya klik opsi “Instan” yang berada di bawah layar aplikasi. Dengan opsi tersebut, Anda cukup mengarahkan kamera ke teks yang ingin Anda terjemahkan.

Kemudian, Google Translate bakal langsung memindai dan menerjemahkan teks yang muncul di layar kamera ponsel Anda. Hasil terjemahan juga bakal muncul saat itu juga.

Baca juga: Hasil Terjemahan Percakapan di Google Translate Kini Bisa Disimpan

Kedua, Pindai/Scan., Anda bisa menerjemahkan teks dari hasil tangkapan kamera.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.