Cara Mengganti Host Google Meet via Google Calendar

Kompas.com - 11/01/2022, 16:45 WIB
Ilustrasi aplikasi populer seperti Netflix, TikTok, Zoom, Google Meet, Google Classroom, Disney Plus. Berikut cara mendapatkan uang dari TikTok, berapa follower agar bisa dapat uang di TikTok, cara mendapatkan uang di TikTok. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi populer seperti Netflix, TikTok, Zoom, Google Meet, Google Classroom, Disney Plus. Berikut cara mendapatkan uang dari TikTok, berapa follower agar bisa dapat uang di TikTok, cara mendapatkan uang di TikTok.

KOMPAS.com - Google Meet atau sering disingkat dengan Gmeet, merupakan layanan video conference yang biasa digunakan untuk menyelenggarakan sekolah online, rapat, seminar atau diskusi online. Google Meet bisa menampung hingga 100 orang peserta video confrence.

Seperti layanan meeting online lain, Gmeet juga memiliki host atau moderator yang berfungsi sebagi pengatur jalannya obrolan agar kondusif. Host memiliki beberapa peran dalam Google Meet, misalnya seperti mengizinkan peserta untuk bisa berbicara dan menampilkan presentasi dalam video conference.

Host merupakan orang yang pertama kali membuat ruang Google Meet. Sayangnya, Host Google Meet tidak dapat diganti saat video conference sedang berlangsung. Namun, Anda dapat mengganti host Google Meet melalui pengaturan meeting di Google Calendar.

Google Calendar atau Google Kalender merupakan layanan kalender yang dimiliki Google. Salah satu kebiasaan Google Calendar memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pertemuan di Gmeet. Melalui Google Calendar, Anda juga bisa mengganti host Google Meet.

Baca juga: Cara Menampilkan Semua Peserta di Google Meet

Apabila Anda ingin mengganti host Google Meet via Google Calendar, simak penjelasannya berikut ini:

  • Buka Google Meet melalui browser yang ada di laptop
  • Login ke akun Google Anda dengan memasukkan alamat e-mail dan passwordnya di halaman awal Google Meet
  • Kemudian klik opsi “Mulai Rapat” kemudian pilih opsi “Jadwalkan di Google Kalender”
    Ilustrasi cara mengganti host Google Meet KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengganti host Google Meet
  • Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman baru dari Google Kalender
  • Masukkan nama meeting atau nama pertemuan Anda dan atur jadwalnya
  • Setelah selesai, klik opsi “Simpan” yang berada di bagian atas halaman
  • Kemudian, pertemuan Gmeet Anda bakal muncul di Google Calendar sesuai dengan jadwal yang telah Anda atur
  • Secara default, ketika Anda mengatur pertemuan Gmeet maka yang menjadi host-nya adalah akun Anda
  • Untuk mengganti host Gmeet tersebut ke akun orang lain, klik pertemuan Gmeet di Google Calendar yang telah Anda tambahkan tadi
  • Kemudian bakal muncul banner baru yang berisi pengaturan pertemuan Gmeet Anda
  • Klik ikon titik tiga yang berada di banner baru tersebut, kemudian klik opsi “Ubah Pemilik”
    Ilustrasi cara mengganti host Google MeetKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengganti host Google Meet
  • Lalu, pilih akun yang bakal menggantikan Anda menjadi host di pertemuan Gmeet tersebut, kemudian klik opsi “Ubah Pemilik

Setelah Anda klik opsi tersebut, host Google Meet dari pertemuan itu otomatis akan berpindah ke akun yang telah Anda pilih. Sebenarnya, Anda juga bisa melakukan penggantian host Gmeet melalui aplikasi di ponsel.

Namun, cara tersebut sedikit rumit karena Anda harus memiliki aplikasi Google Calendar terlebih dulu di ponsel. Mengganti host Google Meet disarankan dilakukan lewat browser di laptop karena tidak perlu menginstall aplikasi Google Calendar dulu.

Baca juga: Google Meet Dapat Background Video Baru yang Bisa Diubah Suasananya

Sebagaimana dijelaskan di awal, Gmeet tidak memiliki fitur untuk mengganti host ketika dalam pertemuan. Anda hanya bisa mengganti host melalui Google Calendar. Host di Gmeet juga hanya bisa satu saja.

Demikian cara mengganti host Gmeet via Google Calendar, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.