Kompas.com - 11/01/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Google Meet, layanan meeting online dari Google atau sering disebut Gmeet, bisa Anda akses di HP tanpa perlu mengunduh aplikasinya. Layanan yang serupa dengan Zoom ini, sejak tahun lalu telah menambahkan fitur panggilan meet ke aplikasi Gmail.

Jadi untuk mengakases Google Meet, Anda hanya cukup memiliki aplikasi Gmail di handphone (HP). Semua fitur Gmeet bisa Anda nikmati lewat aplikasi Gmail. Anda bisa bergabung ke meeting atau membuat meeting baru melalui Gmeet yang ada di Gmail.

Anda juga tidak perlu repot untuk login atau masuk ke akun Google dulu apabila menggunakan Gmeet lewat aplikasi Gmail. Secara otomatis, Anda bakal menggunakan akun Goolge di Gmail ketika mengakses Google Meet.

Baca juga: Cara Merekam Video Meeting di Google Meet

Apabila Anda hendak melakukan meeting online, simak cara mengakses Gmeet via Gmail di HP sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gmail yang ada di ponsel Anda
  • Pilih opsi Gmeet dengan klik ikon kamera yang berada di bawah layar aplikasi
  • Pilih opsi “Rapat baru” untuk memulai membuat ruang meeting Gmeet baru
  • Kemudian, bakal muncul banner baru yang berisi beberapa pengaturan. Anda bisa mulai untuk memulai meeting dengan cara klik opsi “Mulai rapat instan”
  • Selain itu, Anda bisa membagikan tautan ruang meeting baru dengan klik opsi “Dapatkan link rapat untuk dibagikan”
  • Melalui banner baru ini, Anda juga bisa membuat jadwal meeting baru beserta tautan ruangnya, dengan klik opsi “Jadwalkan di Google Kalender”.

Ilustrasi cara mengakses Gmeet via aplikasi Gmail di HPKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengakses Gmeet via aplikasi Gmail di HP

Selain membuat ruang meeting baru, Anda juga bisa bergabung dengan ruang meeting Gmeet yang telah ada dengan pilih opsi “Gabung pakai kode”. Setelah Anda memilih opsi itu, masukkan kode Gmeet dari ruang meeting yang telah ada.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Data Google Meet Saat Belajar Online

Mengakses Gmeet via aplikasi Gmail di HP bisa dilakukan di HP dengan sistem operasi Android maupun iOS. Jika Anda belum memiliki aplikasi Gmail, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Google sendiri telah mengintegrasikan Gmeet di aplikasi Gmail sejak pembaruan aplikasi pada tahun 2021. Sebab itu, jika aplikasi Gmail di HP Anda tidak memiliki opsi Gmeet, pastikan bahwa aplikasi Gmail Anda memiliki versi yang terbaru.

Pada kesempatan ini, KompasTekno menggunakan aplikasi Gmail yang ada di HP dengan sistem operasi iOS.

Untuk HP dengan sistem operasi Android, kemungkinan memiliki perbedaan tata letak opsinya. Demikian cara mengakses Gmeet via Gmail, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.