Mozilla Firefox Dilaporkan Tidak Bisa Browsing Sore Ini

Kompas.com - 13/01/2022, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Browser Mozilla Firefox terpantau mengalami gangguan pada hari ini, Kamis (13/1/2022) mulai sekitar pukul 15.00 WIB.

Sejumlah pengguna asal Indonesia melaporkan bahwa Mozilla Firefox berjalan lambat, tidak bisa dipakai membuka situs web, dan sempat mengalami crash.

Adapun pengguna yang melaporkan browser Firefox tidak bisa browsing ini berasal dari berbagai penyedia layanan internet (internet service provider/ISP), seperti MyRepublic, First Media, IndiHome, bahkan koneksi seluler seperti Telkomsel dan XL Axiata.

Baca juga: Pengguna Browser Firefox Merosot Tajam Selama 2 Tahun Terakhir

KompasTekno juga mengalami gangguan yang sama di Mozilla Firefox. Beberapa saat setelah dibuka, Mozilla Firefox versi 96.0 (64-bit) mengalami crash, dan muncul notifikasi yang meminta pengguna untuk restart atau menutup dan membuka browser.

 

"Firefox mengalami masalah dan tertutup secara paksa. Kami akan mencoba memulihkan tab dan window ketika (browser) dimuat ulang," tulis Mozilla Firefox.

Firefox tidak bisa browsing dan menampilkan pemberitahuan crash.Mozilla Firefox Firefox tidak bisa browsing dan menampilkan pemberitahuan crash.

Tidak hanya terjadi di Indonesia, gangguan ini nampaknya juga melanda pengguna di negara lain.

Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah tweet kata kunci "mozilla firefox" yang diasosiasikan dengan kata "down".

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada penjelasan dari pihak Mozilla mengapa Firefox tidak bisa digunakan untuk browsing.

 

Solusi sementara

Seorang pengguna Twitter dengan handle @Dayjay mengunggah posting yang memberikan solusi sementara untuk mengatasi masalah Mozilla Firefox tidak bisa browsing.

Daniel menyarankan pengguna untuk mengubah konfigurasi pada pengaturan yang ada di dalam browser.

Baca juga: Mozilla Rilis Layanan VPN Firefox, Bisa Dipakai Gratis

"Apabila Firefox berhenti berfungsi setelah melakukan update ke versi terbaru, Anda dapat mengatur "network.http.http3.enabled" ke "false" melalui about:config untuk solusi sementara," tulis @Dayjay.

KompasTekno mencoba solusi yang ditawarkan @Dayjay

  • masukkan kata kunci "about:config" pada kolom pencarian Mozilla Firefox.
  • klik opsi Show All untuk menunjukkan konfigurasi pada browser.
  • Ketik "network.http.http3.enabled" di kolom URL, klik ikon dua tanda panah di sisi kanan, hingga parameter "True:" berubah menjadi "False".

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, KompasTekno mendapati Mozilla Firefox dapat kembali bekerja seperti semula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.