Kompas.com - 18/01/2022, 09:11 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana menambah spektrum frekuensi untuk "jalan tol" 5G pada 2022 ini. Total tambahan spektrum frekuensi untuk 5G ditargetkan mencapai 1.000 MHz.

Tambahan frekuensi untuk jaringan internet generasi kelima (5G) ini diharapkan dapat mempercepat pemerataan 5G di Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, mengatakan penambahan frekuensi tersebut akan dilakukan di pita frekuensi 26 GHz.

"Saat ini, Kementerian Kominfo berencana akan melakukan farming di pita frekuensi 26 GHz karena pita ini sedang tersedia dan tidak ada pengguna existing di dalamnya," kata Dedy melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

Baca juga: Kominfo Buka-bukaan soal Rencana dan Target 5G pada 2022

Frekuensi 26 GHz tersebut merupakan salah satu dari tiga layer "jalan tol" yang disiapkan pemerintah untuk mengoptimalkan jaringan 5G di Tanah Air.

Ada pun tiga layer "jalan tol" 5G yang disiapkan pemerintah meliputi Super Data Layer (high band) di spektrum 26/28 GHz, Capacity Layer (middle band) di frekuensi 2.3/2.6/3.3/3.5 GHz, dan Coverage Layer (low band) di 700 MHz.

Menkominfo Johnny G. Plate sempat mengatakan bahwa spektrum frekuensi radio itu dapat dianalogikan sebagai oksigen dalam implementasi 5G di Tanah Air.

"Jadi, tambahan spektrum frekuensi tersebut akan mempercepat pemerataan jaringan 5G di Indonesia," kata Johnny, dikutip KompasTekno dari laman resmi Kominfo, Senin (17/1/2022).

Rencana penambahan dan penataan ulang (refarming) frekuensi radio ini juga sudah dimasukkan ke dalam rencana strategis Kementerian Kominfo untuk tahun 2020-2024.

Rencana tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Kominfo Nomor 2 Tahun 2021 yang diteken pada Februari lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.