Kisah Lisa, Komputer Apple yang Meluncur 39 Tahun Lalu

Kompas.com - 19/01/2022, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 39 tahun lalu Apple memperkenalkan Lisa. Lisa adalah salah satu komputer pribadi pertama yang memiliki antarmuka grafis (GUI) dan mouse.

Lisa diluncurkan pada 19 Januari 1983. Jika dibandingkan dengan komputer Apple saat ini, spesifikasi dari Apple Lisa memang tidak ada yang menarik.

Namun, pada 1983 lalu, Lisa adalah salah satu produk yang dirancang untuk pelanggan bisnis dengan spesifikasi yang mumpuni pada zamannya.

Lisa atau singkatan dari Local Integrated Software Architecture dibekali CPU Motorola 68000 dengan clock rate 5 MHz, dengan RAM sebesar 1 MB.

Baca juga: Apple Jadi Perusahaan Pertama di Dunia Bernilai Rp 42.000 Triliun

Memang secara spesifikasi Lisa jauh tertinggal dari komputer yang diproduksi Apple saat ini seperi iMac. Meski demikian, Apple Lisa saat itu sudah dijual dengan harga sekitar 9.995 dollar AS (Rp 8,9 juta dengan nilai kurs tahun 1980'an).

Lantas apa yang membuat mahal dari komputer Apple satu ini?

Saat itu, Apple Lisa menjadi salah satu komputer pribadi komersial pertama yang menggunakan antarmuka grafis atau GUI (Graphical User Interface) dan dilengkapi dengan perangkat mouse.

GUI merupakan format tampilan komputer yang memungkinkan pengguna untuk memilih perintah, membuka file, dan membuka aplikasi hanya dengan menekan ikon yang ada di layar melalui mouse.

Ilustrasi tampilan GUI Apple Lisainexhibit.com Ilustrasi tampilan GUI Apple Lisa
Memang terdengar remeh jika dibandingkan dengan perkembangan teknologi antarmuka di komputer saat ini. Namun, sebelum ada GUI, pengguna harus mengetik teks perintah berupa kode untuk bisa menjalankan aplikasi komputer.

Ide untuk menerapkan GUI ke komputer pribadi tidak dikembangkan oleh Apple sendiri. Apple lewat Steve Jobs, mengadaptasi ide itu pada tahun 1979 dari komputer Xerox Alto besutan Palo Alto Research Center (PARC).

Saat itu, PARC memang sudah bisa mengembangkan GUI untuk komputer lewat Xerox Alto yang telah dikenalkan sejak 1973. Xerox Alto kala itu dilengkapi alat print dengan fitur bernama "What You See Is What You Get” (WYSIWYG).

Baca juga: Komputer Pertama Apple yang Masih Berfungsi Dilelang, Laku Rp 5,7 Miliar

Ilustrasi XEROX Altocomputerhistory.org Ilustrasi XEROX Alto
Dengan fitur itu, Xerox Alto bisa mencetak dokumen seperti e-mail yang tampil di layar dengan hanya klik tombol pada mouse.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.