Kompas.com - 20/01/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - GoPay merupakan uang elektronik yang dimiliki oleh GoTo. GoPay bisa digunakan untuk transaksi di Gojek, Tokopedia, maupun e-commerce lain.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan GoPay untuk bertransaksi secara non-tunai di gerai-gerai luring dengan memindai QR code. GoPay tidak memiliki aplikasi sendiri, melainkan masih menyatu dengan aplikasi utama Gojek.

Sehingga, ketika pengguna ingin menggunakan GoPay, mereka harus masuk ke aplikasi Gojek lebih dulu. Setelah masuk ke aplikasi Gojek, pengguna akan diminta untuk mengisi Personal Identification Number alias PIN GoPay lebih dulu untuk melanjutkan transaksi.

Baca juga: Cara Daftar dan Verifikasi Akun GoPay Lewat HP

PIN berfungsi sebagai sandi rahasia antara pengguna dan sistem untuk mengakses suatu aplikasi atau platform tertentu. Hanya pengguna asli yang dapat mengetahui PIN untuk akses masuk. 

Namun, terkadang pengguna lupa dengan PIN untuk mengakses sebuah sistem. Tidak menutup kemungkinan juga mereka lupa dengan PIN GoPay miliknya. Apabila PIN yang dimasukkan salah, akses tentu akan ditolak dan transaksi tidak dapat dilanjutkan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengganti PIN GoPay yang terlupa. Lantas, bagaimana caranya?

Baca juga: Cara Split Bill GoPay, Bayar Patungan Makin Mudah

Cara mengganti PIN GoPay saat Lupa PIN

Cara mengganti PIN GoPay saat lupa PIN tidak terlalu sulit. Hanya saja, pengguna memerlukan cukup banyak waktu untuk memulihkannya.

Selain itu, pastikan perangkat Anda tetap terkoneksi dengan internet. Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dihimpun dari laman resmi Gojek:

Cara Ganti PIN Gopay yang LupaKompas.com/Soffya Ranti Cara Ganti PIN Gopay yang Lupa

  • Masuk ke akun Gojek Anda
  • LIhat bagian menu atas bagian GoPay
  • Klik “Eksplor”
  • Pilih “Pengaturan”
  • Pilih “Lupa PIN”
  • Di sini Anda akan mengisi PIN baru GoPay Anda
  • Isi kembali PIN baru
  • Kemudian tunggu sampai kode OTP masuk secara otomatis di aplikasi
  • Selesai, kini Anda telah mengganti PIN GoPay Anda

Baca juga: Cara Isi Saldo GoPay Melalui Mobile Banking dan Internet Banking

Perlu diingat, jika sebelumnya Anda telah memasukkan PIN sebanyak tiga kali, kemudian mengubah PIN GoPay yang baru, maka Anda harus menunggu selama 60 menit agar dapat melakukan transaksi kembali menggunakan GoPay.

Itulah cara mengganti PIN GoPay saat Anda lupa dengan PIN yang lama. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gojek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.