Cara Melakukan Live Streaming YouTube via Android dan iPhone

Kompas.com - 20/01/2022, 15:45 WIB

KOMPAS.com - YouTube tidak hanya platform berbagi video saja. Platform milik Google ini juga memiliki fitur lain, salah satunya adalah live streaming atau Go Live.

Fitur Go Live memungkinkan pengguna untuk menyiarkan video secara langsun untuk berbagai keperluan mulai dari menampilkan konten hiburan, hingga menyiarkan acara penting seperti webinar.

Untuk melakukan live streaming di YouTube tak hanya dapat dilakukan melalui PC, pengguna juga dapat melakukannya via Android maupun iPhone.

Baca juga: Cara Upload Video ke YouTube dari Laptop dan HP

Namun, sebelum melakukan live streaming di Youtube, ternyata pengguna harus memenuhi beberapa syarat agar live streaming dapat dilakukan. Syarat yang paling utama adalah memiliki aplikasi YouTube.

Bagi pengguna Android, aplikasi YouTube biasanya sudah terinstal menjadi aplikasi bawaan. Sementara untuk pengguna iPhone atau iPad, bisa mengunduhnya secara manual di App Store melalui tautan berikut.

Melansir laman dukungan Google, beberapa syarat lain yang harus dipenuhi pengguna YouTube yang ingin melakukan live streaming adalah:

  • Memiliki setidaknya minimal 50 subscriber
  • Tidak memiliki pembatasan live streaming dalam 90 hari terakhir di kanal Anda
  • Memverifikasi terlebih dahulu kanal Anda
  • Mengaktifkan live streaming. Anda mungkin harus menunggu 24 jam sebelum dapat memulai live stream pertama
  • Menggunakan perangkat Android minimal versi 5.0, dan untuk pengguna iPhone dan iPad minimal menjalankan iOS 8

Baca juga: Cara Download Video YouTube di HP Android dan iPhone

Setelah memenuhi syarat di atas, live streaming youTube bisa dilakukan. Berikut ini KompasTekno merangkum cara live streaming YouTube via Android dan iPhone:

  • Buka aplikasi YouTube Anda
  • Klik ikon “+”
  • Pilih “Go live
  • Tunggu hingga 24 jam untuk memulai live streaming pertama Anda. Setelah diaktifkan Anda dapat langsung melakukan live stream

Baca juga: Cara Menggunakan Picture-in-Picture YouTube di Laptop, Android, dan iOS

Setelah itu Anda dapat memulai dengan menambahkan judul maupun deskripsi live streaming yang sedang Anda lakukan. Selain itu Anda juga dapat mengatur waktu tayang dan link live streaming.

Perlu diperhatikan, antarmuka atau tampilan aplikasi di platform iOS maupun Android, kemungkinan akan berbeda. Namun, secara garis besar, langkahnya sama. Itulah cara untuk melakukan live streaming di YouTube. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.