5 Aplikasi Kasir di Android dan iPhone untuk Mudahkan Transaksi Bisnis UMKM

Kompas.com - 20/01/2022, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Bagi pemilik bisnis jual-beli, pencatatan transaksi merupakan salah satu hal yang paling penting. Untuk memudahkannya, dibutuhkan mesin kasir untuk mencatat setiap transaksi pelanggan.

Akan tetapi, harga perangkat mesin kasir tidaklah murah. Di e-commerce, harga mesin kasir bisa mencapai Rp 2-10 jutaan.

Banderol itu kemungkinan cukup berat bagi sebagian para pelaku usaha, khususnya mereka yang memiliki bisnis menengah atau mikro (UMKM). Untungnya, pencatatan transaksi kini tidak perlu sampai menggunakan mesin kasir yang mahal.

Baca juga: Cara Daftar Google Bisnisku untuk UMKM agar Makin Dikenal

Sebab, ada beberapa aplikasi kasir yang gratis yang bisa digunakan dengan fungsi yang sama. Bahkan, aplikasi kasir gratis tersebut teredia di platform Android maupun iPhone. Sehingga, pebisnis UMKM bisa memanfaatkan smartphone yang mereka punya.

Berikut ini KompasTekno merangkum lima aplikasi kasir yang dapat diunduh di ponsel Android maupun iPhone untuk memudahkan transaksi bisnis Anda.

1. Qasir

Aplikasi kasir gratis yang pertama adalah Qasir. Qasir merupakan aplikasi kasir yang dikembangkan oleh PT Solusi Teknologi Niaga.

Aplikasi Qasir hanya dapat digunakan di ponsel Android. Qasir sendiri memiliki beberapa fitur seperti kasir digital, pencetakan struk, tidak ada batasan outlet cabang, pembayaran virtual, laporan penjualan 30 hari terakhir, hingga catatan “kasbon”.

Baca juga: Cara Cepat Membuat Akun WhatsApp Business untuk Pelaku Usaha

Aplikasi Qasir dapat digunakan gratis maupun berbayar. Untuk pengguna yang ingin berlangganan, tentu fitur yang diberikan lebih beragam.

Pelanggan berbayar akan mendapatkan beberapa fitur tambahan, misalnya laporan keuangan lebih lengkap, terdapat absen karyawan, hingga terintegrasi dengan layanan pesan antar-makanan, Grabfood.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.