Lenovo Siapkan Ponsel Gaming RAM 18 GB?

Kompas.com - 27/01/2022, 14:01 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Tahun 2021, Asus meluncurkan ponsel gaming ROG Phone 5 Ultimate yang dibekali dengan RAM sebesar 18 GB.

Asus pun mengeklaim ponsel tersebut merupakan smartphone pertama di dunia yang memiliki RAM sebesar itu.

Tahun 2022 ini, ponsel gaming yang dibekali dengan RAM 18 GB dari berbagai vendor smartphone tampaknya bakal semakin berseliweran.

Salah satunya adalah Lenovo, yang konon bakal meluncurkan ponsel gaming terbarunya yang disebut bernama Legion Y90 dengan RAM 18 GB.

Informasi ini sendiri mencuat berkat lembar spesifikasi yang dikuak pembocor gadget ulung bernama @PandaisBald di jejaring sosial China, Weibo.

Selain RAM 18 GB, ponsel gaming Legion Y90 juga dikabarkan bakal memiliki fitur Extended RAM. Fitur ini bakal meminjam memori internal sebanyak 4 GB untuk sementara waktu, sehingga kapasitas RAM ponsel gaming tersebut secara teori bakal menjadi 22 GB.

Baca juga: Disiksa, Ponsel Gaming Lenovo Legion Duel 2 Terbelah Tiga

Legion Y90 juga disinyalir bakal ditenagai dengan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1. Layarnya mengusung panel Samsung E4 AMOLED berukuran 6,92 inci dengan refresh rate 144 Hz dan touch sampling rate 720 Hz.

Ponsel gaming terbaru Lenovo juga diklaim bakal memiliki kamera selfie 44 MP, serta dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP dan kamera ultrawide 16 MP.

Ada pula peningkatan pada fitur sistem pendingin ponsel, serta berbagai tombol fungsi fisik yang menyelimuti bingkai ponsel, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (27/1/2022).

Belum diketahui apakah kabar terkait ponsel gaming Lenovo ini akurat atau tidak.

Namun, mengingat Asus sudah lebih dulu memperkenalkan ponsel gaming dengan RAM 18 GB, tak menutup kemungkinan Lenovo juga bakal mengikuti langkah yang sama.

Baca juga: Asus ROG Phone 5s dan ROG Phone 5s Pro Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.