Kompas.com - 25/02/2022, 09:31 WIB
ilustrasi aplikasi WhatsApp businessinsider.comilustrasi aplikasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp menyediakan fitur "Status" yang memungkinkan pengguna meng-upload foto, video pendek, dan GIF yang bisa dilihat oleh kontak mereka selama 24 jam, mirip Instagram Stories.

Saat hendak meng-upload video pendek ke WhatsApp Status, terkadang video terlihat menampilkan kualitas yang buruk, seperti pecah atau kotak-kotak.

Alhasil, video yang diunggah di WhatsApp Status terlihat buram dan tidak memiliki kualitas sebaik yang direkam melalui kamera.

Hal ini terjadi lantaran WhatsApp secara otomatis mengompres video yang diunggah, sehingga ukurannya 10 kali lipat lebih kecil dari ukuran aslinya.

Baca juga: Cara Upload Foto di Feed Instagram agar Tidak Pecah

Proses tersebut dilakukan untuk mengurangi ukuran video, sehingga pengguna lain dapat memuat video dalam waktu yang cukup singkat. Secara tidak langsung, upaya ini dapat memengaruhi kualitas video.

Cara Upload Video Status WA agar Tidak Pecah

Berikut merupakan langkah-langkah agar foto yang di-upload ke WhatsApp Status tidak pecah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DigitBin, Kamis (24/2/2022).

Sebelum mengunggah video ke WhatsApp Status, ada baiknya jika pengguna memperkecil atau mengompres terlebih dahulu video yang diinginkan secara manual.

Dengan demikian, WhatsApp tidak lagi akan memperkecil ukuran video yang dapat memengaruhi kualitas yang disajikan.

Cara ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti Video Compressor Panda.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Digit Bin
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.