"Race Day" MotoGP Mandalika, Internet 5G Telkomsel Tetap Ngebut

Kompas.com - 20/03/2022, 13:32 WIB

LOMBOK, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menggelar jaringan 5G di ajang balap MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, 18-20 Maret 2022.

Pada sesi balapan (race day) yang digelar Minggu (20/3/2022) ini, sinyal 5G Telkomsel masih menunjukkan performa yang cepat, termasuk di lokasi berkumpulnya penonton.

Pantauan KompasTekno, pengujian kecepatan 5G Telkomsel di tribun Zona B mencapai angka kecepatan unduh (download) mencapai 111 Mbps. Sementara kecepatan unggah upload 9,68 Mbps dan latensi 23 ms.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Angka ini tergolong cepat karena lokasi tempat pengujian merupakan pusat kerumunan. Jumlah penonton keseluruhan pada sesi terakhir MotoGP Mandalika hari Minggu sendiri mencapai sekitar 60.000 orang.

Hasil uji internet 5G Telkomsel di area tribun Zona B sirkuit internasional Mandalika saat race day, Minggu (20/3/2022) siang.Kompas.com/Yudha Pratomo Hasil uji internet 5G Telkomsel di area tribun Zona B sirkuit internasional Mandalika saat race day, Minggu (20/3/2022) siang.

Dengan kecepatan tersebut, streaming video berkualitas 4K di YouTube bisa berjalan dengan lancar tanpa jeda.

Upload konten di media sosial juga masih lancar meski keceparan unggahnya satu digit.

Kami juga mengunduh update untuk beberapa aplikasi dengan ukuran sekitar 500 MB. Hasilnya, proses unduhan membutuhkan waktu sekitar 7 - 10 menit.

Baca juga: 5G Telkomsel Langsung Nyambung di Sirkuit Mandalika, Tanpa Ganti Kartu SIM

Telkomsel sendiri menyiapkan 16 BTS 5G yang untuk menghadirkan konektivitas 5G di gelaran internasional tersebut.

Ada dua lokasi utama di mana 5G Telkomsel digelar, yaitu di Pertamina Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Adapun frekuensi 5G yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu. Selain itu, ada tambahan frekuensi 3.500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: Main Game dan Streaming Video 4K Pakai 5G Telkomsel di Sirkuit MotoGP 2022 Mandalika, Sekencang Apa?

Satu hari sebelum race day atau pada Sabtu (19/3/2022), KompasTekno juga melakukan pengujian di lokasi yang sama. Hasilnya, kecepatan download sempat menembus 1 Gbps dan stabil di kisaran 990 Mbps.

KompasTekno melakukan uji coba kecepatan internet (speedtest) 5G secara langsung di arena MotoGP 2022 di Mandalika sejak hari pertama kompetisi berlangsung. Untuk melihat bagaimana pengujian dilakukan dan hasilnya, bisa dipantau di Instagram @teknokompas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.