Kompas.com - 26/03/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian pengguna, mengakses situs-situs tertentu dibutuhkan untuk berbagai kepentingan. Namun sayangnya, terdapat berbagai situs yang tidak dapat diakses dengan jaringan publik.

Hal tersebut bisa jadi karena situs memang dibatasi atau memang sengaja diblokir. Untuk mengaksesnya, pengguna dapat memanfaatkan Jaringan Pribadi Virtual atau VPN.

Virtual Private Network (VPN) merupakan jaringan privat yang menggunakan koneksi virtual untuk menghubungkan penggunanya ke internet melalui server yang disediakan penyedia VPN tersebut.

Baca juga: Cara Pakai VPN di MacBook dengan Mudah

Dilansir dari Kaspersky, terdapat beberapa kegunaan VPN lainnya yaitu:

  • VPN dapat melindungi data dan privasi pengguna. Hal tersebut karena data pengguna akan dienskripsi sehingga lalu-lintas data hanya diketahui oleh pengguna dan server penyedia VPN
  • VPN dapat menyamarkan keberadaan pengguna. Dengan menggunakan VPN, lokasi pengguna tidak dapat ditentukan. Selain itu, layanan VPN juga tidak menyimpan log aktivitas Anda
  • Layanan VPN terhubung ke server pribadi dan menggunakan metode enkripsi untuk mengurangi risiko kebocoran data. Maka dari itu, VPN berguna untuk melakukan transfer data yang aman

Baca juga: Cara Aktifkan VPN di Ponsel Android

VPN sendiri dapat diaktifkan melalui laptop maupun smartphone tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Untuk Anda yang ingin mengaktifkan VPN lewat laptop bebrasis Windows, berikut ini KompasTekno rangkum cara menggunakan VPN di laptop khususnya untuk pengguna Windows.

Cara menggunakan VPN di laptop

  • Klik ikon Windows
  • Pilih “Settings” yang ditandai dengan ikon gerigi
  • Pilih “Network dan Internet”
  • Klik “VPN”
  • Klik “Add a VPN connection”
  • Masukkan data provider VPN yang Anda miliki

Cara menyambungkan VPN

  • Pada ujung kanan taskbar pilih ikon jaringan
  • Pilih koneksi VPN yang ingin Anda gunakan
  • Klik “Sambungkan”
  • Jika diminta, masukkan nama pengguna dan kata sandi
  • Jika sudah terhubung, nama koneksi VPN akan menampilkan “Terhubung/Connected”

Baca juga: Cara Aktifkan VPN di iPhone dan iPad, Bisa Pakai Aplikasi atau Manual

Cara kerja VPN

Adapun cara kerja VPN adalah ketika mengaktifkan VPN, maka server akan memberikan IP Adress baru kepada pengguna. Kegiatan tersebut membuat pembentukan saluran antara pengguna dengan server.

Selanjutnya data pengguna akan dikirim ke server VPN untuk dienskripsi sebelum dikirim kembali ke internet sehingga arus lalu-lintas data tersembunyi oleh pihak lain.

Baca juga: Melindungi Diri di Ruang Digital dengan VPN

Dalam kerjanya, VPN dapat menggunakan beberapa jenis protokol berbeda seperti PPTP, IPSec, L2TP, dan lainnya. VPN dapat memungkinkan orang untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah.

Namun perlu diwaspadai, bagi pengguna VPN gratisan harus berpikir ulang, sebab pihak ketiga (hacker) dapat mencuri data penggunanya. Itulah cara menggunakan VPN di Windows, semoga membantu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.