Kompas.com - 27/03/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Oppo Reno7 4G merupakan ponsel terbaru Oppo yang dirilis di Indonesia pada 24 Maret lalu. Ponsel ini diposisikan sebagai anggota terbaru sekaligus yang terakhir dari jajaran Reno7 series.

Dibandingkan Reno7 5G dan Reno7 Z 5G yang sudah dirilis terlebih dahulu, Reno 7 4G menawarkan banderol harga yang lebih terjangkau, yakni Rp 5.199.000.

Dengan selisih Rp 600.000 dari harga Reno7 Z 5G atau lebih murah Rp 2,3 juta dibandingkan Reno 7 5G, ponsel ini mengunggulkan desain bodi premium dan aspek kameranya yang sudah dilengkapi sensor Sony IMX709 serta fitur perbesaran lensa Microlens.

Baca juga: Daftar Harga HP Oppo Terbaru Bulan Maret 2022

Apabila tertarik untuk membeli Reno 7, tidak ada salahnya untuk melihat lebih dekat perangkat beserta isi aksesori yang ditawarkan dalam paket pembelian.

Unboxing Oppo Reno 7 4G

Oppo kembali merancang kotak kemasan Reno 7 dengan desain klasik yang khas. Kotak kemasan Reno7 4G nampak didominasi dengan warna hijau tosca.

Di bawah kotak kemasan terdapat nama model ponsel yang dipertegas dengan angka "7" di sisi kiri atas, mengindikasikan nomor seri Reno.

Setelah dibuka, pengguna akan menjumpai kotak berwarna hitam yang memuat perangkat Reno7. Ada pula sejumlah aksesori lain meliputi softcase, kabel charger, kartu garansi, buku manual, dan SIM card ejector.

Kotak kemasan Oppo Reno7 4G berisi aneka jenis aksesori yang mencakup softcase, kabel charger, adapter charger, kartu garansi, buku manual, dan SIM card ejector.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Kotak kemasan Oppo Reno7 4G berisi aneka jenis aksesori yang mencakup softcase, kabel charger, adapter charger, kartu garansi, buku manual, dan SIM card ejector.

Oppo juga masih menyertakan adapter charger pada kotak kemasan Reno7, menandakan komitmennya untuk terus menyertai aksesori tersebut pada lini ponsel Reno.

Yang menarik, adapter charger yang disertai pada paket pembelian ponsel ini sudah mendukung fitur pengisian daya cepat khas Oppo, yakni "Super Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging" (SuperVOOC).

Baca juga: Oppo Akan Tetap Sertakan Kepala Charger di Kotak Kemasan Smartphone

Teknologi SuperVOOC sejatinya kerap ditemukan pada lini ponsel flagship Oppo Find series. Namun, Oppo mulai mewariskan kemampuan tersebut untuk pertama kalinya pada Reno76 dan kini kembali digunakan pada Reno7 series, termasuk Reno 7 4G.

Hands on Oppo Reno 7 4G

Kesan pertama yang muncul saat pertama kali menggenggam Reno7 adalah kokoh. Keempat sisi ponsel memberikan sensasi yang kokoh saat dicengkeram.

Bodi Reno 7 4G memiliki bobot 175 gram dengan ketebalan 7,54 mm untuk varian Sunset Orange dan 7,49 mm untuk pilihan warna Cosmic Black, cukup tipis dan ringan untuk dioperasikan menggunakan satu tangan.

Reno 7 4G  pilihan warna Sunset Orange terasa ringan dan kokoh saat digenggam menggunakan satu tangan.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Reno 7 4G pilihan warna Sunset Orange terasa ringan dan kokoh saat digenggam menggunakan satu tangan.

Hal menarik lain juga masih terletak di aspek desain, tepatnya di bagian punggung Reno 7 4G. Ponsel yang hadir dengan varian warna Sunset Orange ini memiliki tekstur punggung yang kasar layaknya kulit buah jeruk.

Hasil finishing ini diperoleh dari teknik pemrosesan Fiberglass-Leather Design. Melalui teknik ini, Oppo membalut bagian punggung Reno7 4G dengan material bertekstur.

Bagian punggung Reno7 dihuni oleh tiga buah kamera yang diletakkan pada modul berbentuk persegi panjang.

Modul tersebut memuat dua lensa kamera berukuran besar, satu lensa kecil, serta satu buah lampu LED Flash.

Baca juga: Tarif PPN Naik Jadi 11 Persen, Harga HP Realme dan Oppo Ikut Terdampak?

Dua lensa tersebut disertai fitur Dual Orbit Light pada Reno 7 4G, yakni dua lampu indikator yang mampu memancarkan cahaya, ketika ada notifikasi yang masuk dan saat ponsel sedang diisi dayanya (di-charge).

Fitur Dual Orbit yang terdapat pada Oppo Reno7 4G mampu memancarkan cahaya sebagai indikasi bahwa perangkat sedang melakukan pengisian daya (di-charge).KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Fitur Dual Orbit yang terdapat pada Oppo Reno7 4G mampu memancarkan cahaya sebagai indikasi bahwa perangkat sedang melakukan pengisian daya (di-charge).

Adapun konfigurasi kamera yang dimiliki Reno 7 mencakup kamera utama 64 MP, kamera mikro 2 MP dan kamera makro 2 MP.

Beralih ke bagian depan, Reno 7 4G memiliki layar berukuran 6,4 inci yang mendukung refresh rate 90 Hz. Ini memungkinkan pengguna untuk menikmati antarmuka dan menu-menu yang ada di dalam ponsel dengan mulus.

Pada bagian pojok kiri atas, Oppo turut membenamkan sebuah kamera selfie 32 MP yang hadir dengan lensa Sony IMX709.

Di luar dari faktor-faktor di atas, Reno7 tampak mengusung penempatan tombol yang serupa dengan Reno7 5G dan Reno7 Z 5G.

Sisi bawah Oppo Reno7 4G terdapat grill speaker, port USB Type-C dan jack audio 3,5 mm.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Sisi bawah Oppo Reno7 4G terdapat grill speaker, port USB Type-C dan jack audio 3,5 mm.

Seperti kebanyakan perangkat Oppo lainnya, Reno 7 4G memiliki tombol daya (power on/off) di bagian kanan, serta tombol volume (up dan down) dan slot microSD di sisi sebelah kiri ponsel.

Baca juga: Membandingkan Oppo Reno 7 4G dan Reno 7 Z 5G yang Meluncur di Indonesia

Sementara di sisi bawah, terdapat grill speaker, port USB Type C, dan lubang jack audio 3,5 mm untuk koneksi earphone.

Spesifikasi dan harga Oppo Reno 7 4G di Indonesia

Sebelum membulatkan tekad untuk membeli ponsel ini, ada baiknya untuk menyimak spesifikasi dan harga Reno7 4G melalui tabel berikut ini:

Spesifikasi Reno7 4G
Dimensi dan bobot 159,9 x 73,2 x 7,49-7,54 mm, 175 gram
Layar AMOLED 6,4 inci Full HD Plus (2.400 × 1.080 piksel), refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate hingga 180 Hz
Chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G
CPU dan GPU CPU: 2.4 GHz Kryo 265 & 1.9 GHz Kryo 265 GPU: Adreno 610
RAM dan memori
penyimpanan
RAM: 8 GB + RAM Expansion 5 GB
Penyimpanan media: 256 GB
SIM dan microSD Dual SIM (Nano) + microSD (hingga 1 TB)
Kamera depan 32 MP Sony IMX709 RGBW Sensor
Kamera belakang Kamera utama 64 MP
Kamera mikro 2 MP
Kamera makro 2 MP
Sistem operasi Android 12, ColorOS 12
Baterai 4.500 mAh, SuperVOOC 33 Watt
Fitur lainnya Dual Orbit, sertifikasi IPX4, Bluetooth 5.1, Wi-Fi 5
Warna Sunset Orange dan Cosmic Black
Harga Rp 5.199.000 (8 GB/256 GB)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.