5 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Beli Laptop Baru agar Tidak Gampang Rusak

Kompas.com - 30/03/2022, 13:45 WIB
Cara gadai laptop di Pegadaian dan syarat yang diperlukan PIXABAYCara gadai laptop di Pegadaian dan syarat yang diperlukan

KOMPAS.com - Memiliki laptop baru merupakan hal yang menarik dan membuat kita cukup antusias menggunakannya. Bagi sebagian pengguna memiliki laptop baru tentu saja membuat lebih produktif dan semangat bekerja.

Umumnya laptop baru akan memiliki sistem operasi terbaru sehingga kinerja yang dihasilkan tidak melambat. 

Namun, sebelum menggunakannya sehari-hari pengguna perlu memperhatikan hal-hal yang wajib dilakukan saat pertama kali membeli laptop baru. Beberapa hal ini akan berdampak pada kinerja laptop Anda seterusnya.

Baca juga: Cara Pasang Filter Zoom Wajah Hewan di Laptop dan HP

Selain itu, beberapa hal yang wajib dilakukan saat membeli laptop baru berikut juga akan membantu meminimalisir kendala saat laptop digunakan. Dengan kendala yang minim,laptop berpeluang lebih awet digunakan.

Maka dari itu, simak lima hal yang wajib dilakukan pengguna setelah membeli laptop baru, dihimpun dari Tech Advisory berikut.

Mempebarui sistem operasi

Hal pertama yang wajib dilakukan saat pertama kali beli laptop baru adalah meng-install sistem operasi versi terbaru. Jika sebelumnya laptop sudah ter-install sistem operasi yang terbaru, maka selanjutnya adalah untuk meng-upgradenya.

Jika laptop baru masih belum memiliki sistem operasi, maka pilihlah sistem operasi terbaru yang paling sesuai dengan laptop Anda.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Update Windows Terpasang Sepenuhnya?

Menghapus bloatware

cara menghapus program di windows Kompas.com/soffyaranti cara menghapus program di windows

Bloatware merupakan software bawaan yang sudah ter-install dari vendor laptop Anda. Umumnya saat membeli laptop baru, Anda akan menemukan beberapa aplikasi bawaan yang sudah ada di laptop.

Bloatware sendiri akan menghabiskan banyak ruang di laptop Anda. Maka dari itu pengguna dapat menghapusnya dengan cara meng-uninstall seluruh aplikasi bloatware. atau memilih beberapa aplikasi bawaan yang dirasa tidak akan digunakan.

Baca juga: Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.