Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua iPhone Ini Tak Bisa Lagi Dipakai Twitter-an

Kompas.com - 04/04/2022, 09:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Pengguna iPhone model lama tidak bisa lagi menggunakan ponselnya untuk bermain Twitter. Adapun iPhone model lama yang dimaksud adalah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Musababnya, adalah karena iPhone 6 series ini hanya mentok menjalankan sistem operasi iOS versi 13. Sementara aplikasi Twitter untuk versi paling terbaru, kini mengharuskan iPhone untuk menjalankan iOS 14.

Alhasil, pemilik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tak lagi bisa menggunakan sebagian besar fitur pada aplikasi Twitter.

Menurut laporan outlet media 9to5Mac, pemilik iPhone 6 series masih bisa melihat beberapa tweet di timeline. Namun, selebihnya, fitur di aplikasi Twitter tak dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 15

Misalnya, pemilik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ini tak lagi bisa melihat tweet di akun profil seseorang. Dengan demikian, pengguna juga tak lagi bisa me-retweet, membalas (reply), dan memberikan tanda suka (like).

Tak dijelaskan secara rinci, apakah pengguna masih bisa mengunggah twit baru dari aplikasi Twitter di iPhone 6 dan 6 Plus atau tidak.

Bila kilas balik ke belakang, aplikasi Twitter menghentikan dukungan untuk iOS 12 pada awal 2021. Sehingga sejak tahun lalu, pengguna iPhone 5s tidak dapat lagi dapat menjalankan versi terbaru dari aplikasi.

Nah, kini, dengan adanya pembaruan pada minggu ini, artinya, Twitter juga memutuskan untuk menghentikan dukungan aplikasinya pada iOS 13.

Alhasil, iPhone 6 dan 6 Plus yang mentok menjalankan iOS 13 sudah lagi tidak bisa menggunakan aplikasi Twitter versi terbaru.

Satu-satunya solusi untuk pengguna iPhone model lawas adalah menggunakan Twitter melalui situs web-nya.

Menurut Apple, dari semua perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS, mayoritas atau sebanyak 63 persen di antaranya sudah meng-install atau menjalankan iOS 15, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Bos Apple Lanjutkan Tradisi Ramadhan di Twitter

Sementara hanya 7 persen yang masih menjalankan iOS 13 atau versi iOS yang lebih lawas. Sehingga, pembaruan Twitter minggu ini yang mengharuskan iOS 14 untuk menggunakan aplikasi Twitter versi terbaru, tidak akan berdampak pada sebagian besar pengguna Twitter versi iOS.

Dianggap Sudah kuno

iPhone 6 series sendiri memang digadang-gadang menjadi lini iPhone terlaris Apple sepanjang sejarah.

Tak ayal, bila masih ada pengguna yang menggunakan model iPhone ini hingga sekarang. Karena pengguna juga dilaporkan masih dapat menginstal beberapa aplikasi dari toko aplikasi App Store.

Namun, kini, pengguna model iPhone lawas tersebut sudah mulai tidak bisa menggunakan aplikasi Twitter karena versi iOS yang ketinggalan zaman.

Halaman:
Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com