Fitur iPhone Ini Selamatkan Pria yang Jatuh ke Jurang Es

Kompas.com - 04/04/2022, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Teknologi sekali lagi berhasil membuktikan kemaslahatannya bagi umat manusia. Baru-baru ini, nyawa seorang peseluncur salju berhasil terselamatkan berkat fitur panggilan darurat yang tersedia di iPhone.

Kejadian bermula pada Maret lalu, saat seorang pria Inggris bernama Tim Blakey berseluncur seorang diri di sebuah gletser yang ada di pegunungan Alpen, Zermatt, Swiss.

Aktivitas olahraga tersebut mulanya berjalan dengan cukup lancar. Blakey mengaku sempat menikmati kegemaran yang sudah ditekuninya selama 17 tahun tersebut.

Namun, masalah mulai terjadi saat Blakey mencoba berseluncur menuruni bukit. Saat berada di atas ketinggian 10.000 kaki, Blakey mendadak terperosok ke dalam sebuah celah jurang es, dengan kedalaman 5 meter.

Baca juga: Pria 71 Tahun Selamat dari Serangan Jantung Berkat Drone

Tidak banyak yang dapat dilakukan Blakey lantaran posisinya yang hanya ditopang di atas jembatan es yang cukup tipis. Hal ini membatasi pergerakan Blakey sehingga sulit untuk menyelamatkan diri.

Di tengah-tengah kondisi tersebut, Blakey mencoba untuk meraih iPhone miliknya. Seakan memperburuk keadaan, ia mendapati bahwa ponsel miliknya hanya memiliki sisa daya baterai 3 persen.

Namun hal tersebut tidak langsung membuat Blakey patah semangat. Pria berusia 41 tahun ini tetap mencoba menggunakan fitur Emergency SOS di ponsel Apple, yang memungkinkannya mengirim pesan ke orang lain yang didaftarkan ke kontak darurat, serta melakukan panggilan darurat.

Fitur bantuan tersebut kemudian diaktifkan dengan menekan tombol ON/OFF selama lima kali berturut-turut. Usaha yang dilakukan Blakey membuahkan hasil.

Fitur panggilan darurat yang terdapat di iPhone berhasil memanggil tim penyelamat "Swiss Rescue" melalui koneksi jaringan 3G, disusul dengan upaya penyelamatan Blakey dari lubang.

Usai diangkat dari lubang, Blakey segera dilarikan ke rumah sakit untuk melakukan penanganan terhadap cedera pergelangan kaki yang dideritanya. Ia tiba dengan selamat di London di malam yang sama pasca-insiden tunggal tersebut.

Baca juga: Mobil yang Ditumpangi Masuk Jurang, Pria Ini Selamat Berkat Ponsel Google Pixel

Halaman:
Sumber 7 News


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.