Riset: Windows 11 Belum Bisa Kalahkan Windows 10

Kompas.com - 06/04/2022, 12:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Popularitas Windows 11 masih belum bisa mengalahkan Windows 10. Hal ini terbukti dari riset yang dilakukan oleh platform AdDuplex yang menunjukkan pertumbuhan instalasi Windows 11 cukup stagnan.

Menurut AdDuplex, jumlah pengguna Windows 11 per Maret 2022 tidak banyak berubah dari bulan sebelumnya. Hal ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan Windows 10 versi 21H2 yang menjadi sistem operasi yang paling populer.

Berdasarkan riset AdDuplex yang dipublikasikan pada 29 Maret, pangsa pasar Windows 11 mencapai 19,4 persen.

Angka ini hanya tumbuh sedikit dibanding bulan sebelumnya, yang mencapai 19,3 persen. Meski tumbuh sedikit, Windows 11 mampu mempertahankan posisinya yang ketiga dalam hal popularitas.

Jumlah tersebut berbeda dengan Windows 10 21H2 yang menuai pertumbuhan lebih besar dengan tingkat adopsi mencapai 28,5 persen pada Maret 2022.

Angka ini naik dari bulan Februari yang mencapai 21 persen. Namun dalam periode yang sama, pangsa pasar Windows 10 21H2 turun dari 27,5 persen menjadi 26,5 persen.

Baca juga: Daftar Shortcut Google Meet untuk Windows dan Mac

Pertumbuhan positif Windows 10 21H2 disebut karena Microsoft memperluas dukungan pembaruan sistem operasi tersebut ke lebih banyak perangkat.

Adapun penyebab stagnannya pertumbuhan pengguna Windows 11 adalah syarat minimum spek yang tidak bisa dipenuhi oleh semua PC/komputer, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Selasa (5/4/2022).

Selain itu upgrade ke Windows 11 juga bersifat opsional sehingga menurut AdDuplex tidak membantu mendorong adopsi sistem operasi tersebut agar lebih cepat.

Mekanisme riset

AdDuplex merupakan platform monitoring tingkat distribusi berbagai software termasuk sistem operasi. Platform ini secara rutin menerbitkan hasil risetnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.