Berapa mAh Baterai iPhone 11? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 14/05/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - iPhone 11 telah dirilis sejak 2019 dan kini bisa diperoleh dengan harga mulai Rp 8 jutaan. Bagi Anda yang berminat membelinya, mungkin bakal mencari informasi dulu mengenai spesifikasi iPhone 11.

Informasi mengenai spesifikasi iPhone 11 secara resmi sebenarnya mudah didapat. Anda bisa menemukan informasi tersebut lewat laman Apple. Kendati mudah, namun jangan harap Anda bisa menemukan informasi kapasitas baterai iPhone 11 di laman itu.

Baca juga: Kenapa Baterai HP Tidak Mengisi Saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Barangkali sudah menjadi rahasia umum bila Apple tak pernah mengungkapkan secara pasti berapa kapasitas baterai yang dipakai pada sebuah iPhone, begitu pula kapasitas baterai iPhone 11.

Kapasitas baterai umumnya bakal tertera di kolom spesifikasi pada laman resmi vendor pembuat smartphone. Spesifikasi baterai yang dipakai sebuah smartphone biasanya bakal menunjukkan besaran kapasitas dalam satuan miliAmpere per hour (mAh).

Namun, keterangan spesifikasi baterai dengan format seperti itu tampaknya tidak berlaku untuk Apple. Di halaman resmi Apple, Anda mungkin tidak bakal bisa menemukan berapa mAh baterai iPhone 11.

Pada keterangan yang terpampang di laman resmi Apple, spesifikasi baterai iPhone 11 hanya tertulis dengan ukuran ketahanan penggunaan dayanya, bukan besaran kapasitas dalam satuan mAh.

Jadi baterai iPhone 11 cuma dijelaskan mampu untuk memutar video selama 17 jam, streaming selama 10 jam, dan memutar audio selama 65 jam.

Lewat penjelasan seperti itu, mungkin bakal Anda bakal sedikit kesulitan bila ingin membandingkan besaran kapasitas baterai iPhone 11 dengan milik smartphone lain.

Sementara Apple hanya menunjukkan ketahanan penggunaan daya, website pengulas gadget seperti Macrumors dan Gsmarena memiliki informasi lain terkait spesifikasi baterai iPhone.

Dikutip dari Macrumors dan Gsmarena, dua website tersebut kompak menerangkan kapasitas baterai iPhone 11 adalah 3.110 mAh. Namun, informasi tersebut bukanlah resmi dari Apple.

Perlu diketahui, biasanya informasi mengenai kapasitas baterai iPhone diperoleh dengan menelusuri pada dokumen sertifikasi perangkat elektronik yang didapat Apple atas satu produknya.

Sebagai catatan pula, kendati kapasitas baterai iPhone 11 dalam satuan mAh mungkin tak jauh lebih besar dari kebanyakan smartphone lain, tapi angka tersebut tidak cukup untuk menilai tingkat ketahanan penggunaan daya.

Baca juga: 10 Cara Pakai iPhone untuk Pemula dari Pembelian hingga Pengaturannya

Tingkat ketahanan penggunaan daya di baterai juga dipengaruhi oleh sistem operasi yang digunakan pada sebuah smartphone. Demikian informasi seputar kapasitas baterai iPhone 11, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.