Kompas.com - 16/05/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi Anda yang kerap mengakses internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi peramban atau browser bernama Mozilla Firefox. Layaknya Google Chrome dan Safari, aplikasi Mozilla Firefox juga punya fitur utama untuk menjelajah website di internet.

Guna menunjang kelancaran pengguna dalam menjelajahi internet, pengembang rutin memberikan pembaruan (update) versi aplikasi Mozilla Firefox. Dengan pembaruan itu, pengguna biasanya juga bakal mendapatkan beberapa fitur terbaru.

Baca juga: Apa Itu ISP? Mengenal Fungsi, Jenis, serta Contohnya

Selain itu, update Mozilla Firefox kerap juga membawa tambalan atas celah pada sistem keamanan dan perbaikan terhadap beberapa bug atau gangguan.

Dengan fitur yang diusung pada pembaruan tersebut, penting kiranya untuk selalu memeriksa versi Mozilla Firefox yang tengah digunakan. Lantas, bagaimana cara mengetahui versi Mozilla Firefox? Simak, penjelasan berikut ini.

Cara cek versi Mozilla Firefox

MacOS

  • Cara cek versi Mozilla Firefox di desktop (komputer atau laptop) berbasis MacOS bisa dilakukan dengan klik tab menu “Firefox” yang tertera di atas jendela aplikasi
  • Setelah itu, klik opsi “About Firefox”
  • Kemudian, bakal muncul jendela baru yang berisi informasi singkat mengenai versi aplikasi Mozilla Firefox terkini.

Ilustrasi cara cek versi Mozilla Firefoxmozilla.org Ilustrasi cara cek versi Mozilla Firefox

Windows OS

  • Cara cek versi Mozilla Firefox di desktop berbasis Windows OS bisa dilakukan dengan klik ikon garis tiga berjajar vertikal yang tertera di pojok kanan layar aplikasi
  • Setelah itu, klik opsi “Help” dan pilih “About Firefox”
  • Terakhir, bakal muncul jendela baru dengan informasi mengenai versi aplikasi Mozilla Firefox yang tengah digunakan
  • Apabila ditemukan versi aplikasi Mozilla Firefox yang digunakan telah usang, sebaiknya Anda perlu untuk melakukan pembaruan. Dikutip dari laman resmi Mozilla Firefox, pembaruan biasanya bakal berjalan secara otomatis bila telah tersedia.

Kendati demikian, pembaruan tersebut tidak akan terpasang bila Mozilla Firefox belum dimuat ulang atau restart. Untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai bagaimana cara update Mozilla Firefox, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: 2 Cara Cek Kecepatan Internet di MacOS Monterey dengan Mudah

Cara update Mozilla Firefox

MacOS

  • Cara update Mozilla Firefox di desktop berbasis MacOS bisa dilakukan dengan klik tab menu “Firefox” yang tertera di atas jendela aplikasi
  • Kemudian, pilih opsi “About Firefox”
  • Bila ditemukan versi aplikasi Mozilla Firefox telah usang, sistem bakal melakukan pengunduhan pembaruan secara otomatis
  • Tunggu proses pengunduhan selesai dan klik opsi “Restart to update Firefox”
  • Saat proses pemasangan pembaruan berjalan, aplikasi bakal tertutup otomatis dan terbuka kembali beberapa saat kemudian.

Ilustrasi cara update Mozilla Firefoxmozilla.org Ilustrasi cara update Mozilla Firefox

Windows OS

  • Cara update Mozilla Firefox Cara cek versi Mozilla Firefox di desktop berbasis Windows OS bisa dilakukan dengan klik ikon garis tiga berjajar vertikal yang tertera di pojok kanan layar aplikasi
  • Setelah itu, klik opsi “Help” dan pilih “About Firefox”
  • Pengunduhan pembaruan bakal berjalan secara otomatis bila versi aplikasi yang digunakan telah usang
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai, lalu klik opsi “Restart to update Firefox”
  • Kemudian, aplikasi bakal tertutup otomatis dan terbuka kembali beberapa saat kemudian untuk memasang pembaruan.

Baca juga: 3 Cara Restart WiFi Saat Koneksi Internet Mengalami Gangguan

Demikian cara cara update Mozilla Firefox, berikut dengan memeriksa versi aplikasinya, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.