Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Fitur ColorOS 12 di Ponsel Oppo dengan OS Android 11 dan 12

Kompas.com - 20/05/2022, 12:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Oppo

KOMPAS.com - Sejumlah ponsel terbaru Oppo yang dipasarkan di Indonesia, seperti Oppo Reno7 4G, Oppo Find X3 Pro 5G,  hinggga Oppo Reno6 5G sudah menjalankan sistem operasi (OS) terbaru Android 12.

Selain Android 12, beberapa ponsel terbaru macam Oppo Reno7 Z 5G juga menjalankan OS Android yang sedikit lebih lawas, yaitu Android 11.

Meski versi OS-nya berbeda, tampilan antarmuka (UI) ponsel-ponsel terbaru Oppo di Indonesia ini kompak mengandalkan UI terbaru yang merupakan suksesor dari ColorOS 11, yaitu ColorOS 12.

Oppo mengeklaim ColorOS 12 memiliki sejumlah fitur yang bisa memberikan kenyamanan dan pengalaman yang lancar ketika menggunakan ponsel dalam berbagai kegiatan, terlepas dari versi OS Android-nya tadi. Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut?

Anti-stuttering AI engine

Dari segi desain, ColorOS 12 kini hadir dengan tampilan baru yang menyediakan lebih banyak ruang berwarna putih. Dengan begitu, antarmuka ini diharapkan bisa mengatasi padatnya informasi yang harus ditampilkan ke pengguna di layar ponsel.

Baca juga: 5 Ponsel Oppo di Indonesia yang Kebagian Android 12 Bulan Ini

Desain ColorOS 12 ini lantas dipadukan dengan software animasi Quantum Animation Engine terbaru sekaligus anti-stuttering AI engine, yang disebut dapat memberikan pengalaman sistem operasi yang mulus.

Adapun teknologi anti-stuttering AI engine sendiri disebutkan dapat membuat ponsel dapat beroperasi dengan lancar dan hemat daya baterai.

Omoji

Ilustrasi langkah menggunakan fitur Omoji.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah menggunakan fitur Omoji.

Omoji merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuat suatu karakter kartun alias avatar 3D yang bisa didesain sesuai dengan wajahnya masing-masing. Fitur ini mengandalkan bantuan teknologi algoritma Face Capture.

Oppo mengeklaim algoritma ini dapat menangkap lebih dari 20.000 ciri khas wajah pengguna, sehingga avatar dapat diatur sedemikian rupa supaya menyerupai dengan wajah pengguna itu sendiri.

PC Connect

Seperti namanya, PC Connect memungkinkan pengguna mengoperasikan ponselnya langsung di perangkat laptop.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa mengunduh aplikasi PC Connect di laptop atau komputer mereka (yang memiliki OS Windows 10 ke atas) melalui tautan berikut ini.

Setelah itu, pengguna bisa langsung menghubungkan ponsel Oppo mereka hingga tampilan layar home pada ponsel muncul di layar laptop.

Di posisi ini, pengguna lalu bisa mengontrol dan mengoperasikan ponsel mereka langsung dari layar laptop.

Baca juga: Menjajal Omoji di Oppo Reno6, Fitur Baru ColorOS 12

Beberapa kegiatan yang biasanya mengandalkan fitur PC Connect sendiri adalah menyalin teks dari ponsel ke laptop, memindahkan gambar, mengangkat panggilan telepon, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Sumber Oppo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com