Kompas.com - 20/05/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah ponsel terbaru Oppo yang dipasarkan di Indonesia, seperti Oppo Reno7 4G, Oppo Find X3 Pro 5G,  hinggga Oppo Reno6 5G sudah menjalankan sistem operasi (OS) terbaru Android 12.

Selain Android 12, beberapa ponsel terbaru macam Oppo Reno7 Z 5G juga menjalankan OS Android yang sedikit lebih lawas, yaitu Android 11.

Meski versi OS-nya berbeda, tampilan antarmuka (UI) ponsel-ponsel terbaru Oppo di Indonesia ini kompak mengandalkan UI terbaru yang merupakan suksesor dari ColorOS 11, yaitu ColorOS 12.

Oppo mengeklaim ColorOS 12 memiliki sejumlah fitur yang bisa memberikan kenyamanan dan pengalaman yang lancar ketika menggunakan ponsel dalam berbagai kegiatan, terlepas dari versi OS Android-nya tadi. Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut?

Anti-stuttering AI engine

Dari segi desain, ColorOS 12 kini hadir dengan tampilan baru yang menyediakan lebih banyak ruang berwarna putih. Dengan begitu, antarmuka ini diharapkan bisa mengatasi padatnya informasi yang harus ditampilkan ke pengguna di layar ponsel.

Baca juga: 5 Ponsel Oppo di Indonesia yang Kebagian Android 12 Bulan Ini

Desain ColorOS 12 ini lantas dipadukan dengan software animasi Quantum Animation Engine terbaru sekaligus anti-stuttering AI engine, yang disebut dapat memberikan pengalaman sistem operasi yang mulus.

Adapun teknologi anti-stuttering AI engine sendiri disebutkan dapat membuat ponsel dapat beroperasi dengan lancar dan hemat daya baterai.

Omoji

Ilustrasi langkah menggunakan fitur Omoji.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah menggunakan fitur Omoji.

Omoji merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuat suatu karakter kartun alias avatar 3D yang bisa didesain sesuai dengan wajahnya masing-masing. Fitur ini mengandalkan bantuan teknologi algoritma Face Capture.

Oppo mengeklaim algoritma ini dapat menangkap lebih dari 20.000 ciri khas wajah pengguna, sehingga avatar dapat diatur sedemikian rupa supaya menyerupai dengan wajah pengguna itu sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Oppo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.