Kompas.com - 23/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Mulai 24 Oktober 2022, WhatsApp tak lagi akan menyediakan dukungan pada perangkat iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11.

Informasi ini dibagikan oleh WABetaInfo, sebuah situs pembocor yang kerap membeberkan fitur-fitur WhatsApp yang belum dirilis secara resmi.

Berdasarkan gambar yang tercantum di situs WABetaInfo, pengguna yang menjalankan iPhone berbasis iOS 10 dan iOS 11 akan diminta untuk melakukan upgrade software atau memperbarui piranti lunak ke iOS 12, selambat-lambatnya hingga 24 Oktober 2022.

Informasi ini sesuai dengan keterangan yang tercantum di laman resmi WhatsApp.

"Kami mendukung iOS 12 atau yang lebih baru, tetapi kami sarankan untuk menggunakan versi terbaru yang tersedia," tulis WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur untuk Keluar Grup Diam-diam

 

Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka pengguna tak lagi bisa menggunakan layanan perpesanan dan panggilan yang disediakan WhatsApp.

Notifikasi himbauan update OS yang muncul pada perangkat iOS 10 dan iOS 11.WABetaInfo Notifikasi himbauan update OS yang muncul pada perangkat iOS 10 dan iOS 11.

iOS 10 dirilis tahun 2016, yang setahun berikutnya disusul oleh iOS 11. Adapun model iPhone yang masih mendukung kedua sistem operasi tersebut adalah iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S. Namun, tidak semua model bisa upgrade ke iOS 12.

Adapun iPhone yang tidak bisa upgrade ke iOS 12 yang tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp per Oktober 2024 adalah:

  • iPhone 5
  • iPhone 5C

Apple tak lagi menyediakan perbaruan software iOS 12 untuk iPhone 5 dan iPhone 5C. Sehingga, pengguna yang masih menggunakan perangkat tersebut, hanya bisa menggunakan WhatsApp sebelum tanggal 24 Oktober 2022.

Sementara itu, pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S yang kini masih menjalankan iOS 10 atau iOS 11, masih bisa melakukan upgrade software ke iOS 12 atau versi lebih baru jika mendukung. Upgrade iOS bisa dilakukan melalui menu setting/pengaturan.

Baca juga: Cara Update iOS 15.3 pada iPhone dan iPad via OTA dan iTunes

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.