Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Berikut Tak Lagi Bisa Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober

Kompas.com - 23/05/2022, 09:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai 24 Oktober 2022, WhatsApp tak lagi akan menyediakan dukungan pada perangkat iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11.

Informasi ini dibagikan oleh WABetaInfo, sebuah situs pembocor yang kerap membeberkan fitur-fitur WhatsApp yang belum dirilis secara resmi.

Berdasarkan gambar yang tercantum di situs WABetaInfo, pengguna yang menjalankan iPhone berbasis iOS 10 dan iOS 11 akan diminta untuk melakukan upgrade software atau memperbarui piranti lunak ke iOS 12, selambat-lambatnya hingga 24 Oktober 2022.

Informasi ini sesuai dengan keterangan yang tercantum di laman resmi WhatsApp.

"Kami mendukung iOS 12 atau yang lebih baru, tetapi kami sarankan untuk menggunakan versi terbaru yang tersedia," tulis WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur untuk Keluar Grup Diam-diam

 

Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka pengguna tak lagi bisa menggunakan layanan perpesanan dan panggilan yang disediakan WhatsApp.

Notifikasi himbauan update OS yang muncul pada perangkat iOS 10 dan iOS 11.WABetaInfo Notifikasi himbauan update OS yang muncul pada perangkat iOS 10 dan iOS 11.

iOS 10 dirilis tahun 2016, yang setahun berikutnya disusul oleh iOS 11. Adapun model iPhone yang masih mendukung kedua sistem operasi tersebut adalah iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S. Namun, tidak semua model bisa upgrade ke iOS 12.

Adapun iPhone yang tidak bisa upgrade ke iOS 12 yang tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp per Oktober 2024 adalah:

  • iPhone 5
  • iPhone 5C

Apple tak lagi menyediakan perbaruan software iOS 12 untuk iPhone 5 dan iPhone 5C. Sehingga, pengguna yang masih menggunakan perangkat tersebut, hanya bisa menggunakan WhatsApp sebelum tanggal 24 Oktober 2022.

Sementara itu, pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S yang kini masih menjalankan iOS 10 atau iOS 11, masih bisa melakukan upgrade software ke iOS 12 atau versi lebih baru jika mendukung. Upgrade iOS bisa dilakukan melalui menu setting/pengaturan.

Baca juga: Cara Update iOS 15.3 pada iPhone dan iPad via OTA dan iTunes

Cara cek versi iOS

Pengguna iPhone dapat terlebih dahulu mengecek versi sistem operasi yang digunakan dengan mengakses menu setting/pengaturan > about phone/tentang ponsel.

Informasi versi sistem operasi biasanya ada di bagian bawah. Apabila ponsel masih menjalankan sistem operasi lama, tidak ada salahnya segera memperbarui ke versi terbaru, jika masih mendukung.

Pengguna hanya perlu menekan opsi "Pembaruan Perangkat Lunak/Upgrade Software" > "Unduh dan Instal/Download and Install".

Baca juga: 2 Cara Cek Versi iOS di iPhone dan iPad dengan Mudah

Memperbarui syarat minimum perangkat merupakan salah satu hal yang terbilang lumrah untuk dilakukan mengingat WhatsApp rutin menggelontorkan fitur-fitur terbaru pada platformnya.

Sebab pada umumnya, pembaruan fitur pada sebuah aplikasi hanya mampu mendukung sistem operasi tertentu, terutama perangkat yang menjalankan sistem operasi versi terbaru.

Sejauh ini, WhatsApp hanya mengganti ketentuannya untuk perangkat iOS saja. WhatsApp masih memberikan dukungan untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 4.1, seperti yang disebutkan di laman resminya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (23/5/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com