Kompas.com - 26/05/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - TikTok berisi cukup banyak video berdurasi singkat buatan pengguna yang menarik. Supaya bisa ditonton berulang kali secara offline, beberapa pengguna mungkin bakal mengunduh video TikTok tersebut.

TikTok sendiri telah dibekali fitur yang tidak hanya memungkinkan pengguna untuk berbagi video, melainkan juga bisa mengunduhnya. Lewat fitur Save Video, pengguna bisa mengunduh (download) video buatan pengguna lain dari halaman linimasa (FYP) dan profil.

Baca juga: 2 Cara Salin Link TikTok buat Download Video Tanpa Watermark

Fitur tersebut bisa diakses dengan mudah tanpa harus memerlukan dukungan dari aplikasi lain. Kendati mudah diakses, sebagian pengguna mungkin bakal cukup terganggu dengan hasil unduhan video TikTok dari fitur Save Video.

Pasalnya, setiap video TikTok yang diunduh lewat fitur Save Video bakal terdapat tanda air atau watermark di dalamnya. Watermark itu berupa keterangan nama akun pembuat video, yang biasanya bakal disematkan di tepi kanan atau kiri dari tampilan video.

Watermark tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting, yakni menjadi tanda orisinalitas sebuah video TikTok buatan pengguna, supaya tidak disalahgunakan saat diunduh oleh pengguna lain.

Namun, bagi beberapa pengguna yang ingin mengunduh video TikTok hanya untuk hiburan pribadi, bukan disalahgunakan, mungkin keberadaan watermark di dalamnya bakal cukup mengganggu pandangan saat di tonton.

Supaya bisa menonton dengan nyaman, salah satu solusinya adalah dengan mengunduh video TikTok tanpa watermark lewat layanan dari beberapa situs web, salah satunya seperti Snaptik.

Sebagian dari Anda yang aktif main TikTok mungkin tak asing lagi dengan Snaptik. Selain Snaptik, sebenarnya masih banyak lagi situs web buat download video TikTok tanpa watermark, berikut daftar link-nya.

Baca juga: Cara Main Game Online Gratis di Situs Poki, Enggak Perlu Instal Aplikasi

Link download video TikTok tanpa watermark

  • Download video TikTok tanpa watermark via Snaptik
  • Download video TikTok tanpa watermark via SSSTiktok
  • Download video TikTok tanpa watermark via Savefrom
  • Download video TikTok tanpa watermark via Tikmate
  • Download video TikTok tanpa watermark via Musically Down

Setelah mengetahui situs web di atas, lantas bagaimana cara download video TikTok tanpa watermark? Untuk mulai mengunduh video TikTok tanpa watermark, caranya cukup mudah, yakni salin tautan video di TikTok dan tempel pada situs web di atas.

Cara ini berlaku di hampir semua HP Android dan iPhone. Adapun penjelasan tentang cara download video TikTok tanpa watermark yang lebih lengkap adalah sebagai berikut.

Download video TikTok tanpa watermark di HP Android dan iPhone

  • Buka aplikasi TikTok
  • Cari dan pilih video TikTok yang hendak diunduh tanpa disertai tanda air
  • Bila telah ketemu, klik ikon panah untuk mengakses menu “Bagikan” yang tertera di video tersebut
  • Selanjutnya, pilih opsi “Salin Tautan” atau “Copy Link” yang tertera di menu “Bagikan”
  • Buka link situs web di atas, misalnya Snaptik
  • Lalu, tempel tautan video TikTok tersebut pada kolom yang tertera di Snaptik
  • Setelah itu, klik opsi “Download” dan tunggu beberapa saat hingga proses mengunduh berhasil
  • Video TikTok tanpa watermark tersebut bakal tersimpan di folder unduhan HP dalam format MP4.

Cara download video TikTok tanpa watermark.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara download video TikTok tanpa watermark.

Baca juga: Apa Itu Zoom Challenge Versi Tarian Tradisional yang Viral di TikTok

Penting untuk diingat, pastikan bahwa video TikTok tanpa watermark yang bakal diunduh tidak dibagikan lagi untuk kegiatan komersil karena bisa melanggar hak cipta. Jadi, sebaiknya video tersebut dikonsumsi secara pribadi saja.

Demikian informasi seputar cara download video TikTok tanpa watermark di iPhone dan HP Android, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.