Kompas.com - 24/05/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Watermark atau tanda air biasa disematkan untuk jadi tanda orisinalitas sebuah karya digital, termasuk pada video berdurasi singkat di TikTok. Sebagian dari Anda yang aktif main TikTok, mungkin tak asing lagi dengan keberadaan watermark ini.

Watermark di video TikTok memiliki bentuk berupa keterangan nama akun pembuat video, yang biasanya bakal disematkan di tepi kanan atau kiri dari tampilan video. Watermark tersebut berfungsi agar video tidak disalahgunakan saat diunduh oleh pengguna lain.

Baca juga: Cara Menggunakan Filter Nangis yang Sedang Viral

TikTok sendiri menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan atau mengunduh (download) video buatan pengguna lain. Saat video diunduh maka secara otomatis bakal terdapat tanda air di dalamnya.

Bagi beberapa pengguna yang ingin mengunduh video TikTok hanya untuk hiburan pribadi, bukan disalahgunakan, mungkin keberadaan watermark di dalamnya bakal cukup mengganggu pandangan.

Salah satu solusi yang mungkin kerap dilakukan untuk mengatasi gangguan itu adalah dengan download video TikTok tanpa watermark lewat beberapa situs web, salah satunya seperti Snaptik.

Download video TikTok tanpa watermark lewat situs web itu sebenarnya cukup mudah, tapi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan mungkin beberapa pengguna belum memahaminya.

Sebelum bisa mengunduh, pengguna perlu menyalin tautan atau link video TikTok terlebih dahulu. Setelah mendapatkan link-nya, barulah pengguna bisa download video TikTok tanpa watermark lewat situs web.

Perlu diketahui, cara salin link TikTok itu biasanya berbeda-beda di tiap perangkat. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan penjelasan tentang bagaimana cara menyalin link video TikTok di HP (handphone) dan laptop.

Cara salin link TikTok di HP

  • Buka TikTok di HP Anda
  • Cari video yang hendak disalin tautannya
  • Jika telah ditemukan, klik ikon panah untuk mengakses menu “Bagikan”
  • Selanjutnya bakal muncul bilah menu dan pilih opsi “Salin Tautan” atau “Copy Link”

Ilustrasi cara salin link TikTok di HPKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara salin link TikTok di HP

Baca juga: Arti Kata “Membadut” yang Ramai Dipakai di TikTok

Cara salin link TikTok di laptop

  • Buka TikTok via browser di laptop
  • Cari video yang hendak disalin tautannya
  • Buka video tersebut dan langsung klik opsi “Salin tautan” atau "Copy Link" yang berada tepat persis di sampingnya

Ilustrasi cara salin link TikTok di laptopKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara salin link TikTok di laptop

Setelah menyalin link video TikTok tersebut, kini Anda bisa mulai melakukan pengunduhan. Adapun cara download video TikTok tanpa watermark dapat disimak lewat penjelasan di bawah ini.

Cara download video TikTok tanpa watermark

  • Buka situs web dengan layanan download video TikTok tanpa watermark, misalnya Snaptik
  • Tempelkan tautan video TikTok yang tadi telah disalin pada kolom pengunduhan di situs web
  • Klik "download", lalu tunggu sebentar hingga proses pengunduhan selesai dan video tersimpan berhasil tersimpan di perangkat.

Penting untuk diingat, pastikan bahwa video TikTok tanpa watermark yang bakal diunduh tidak dibagikan lagi untuk kegiatan komersil karena bisa melanggar hak cipta. Jadi, sebaiknya video itu dikonsumsi secara pribadi saja.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi TikTok Error

Itulah informasi seputar cara salin link TikTok di HP dan laptop untuk download video tanpa watermark, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.