10 Fitur Telegram Premium yang Tidak Dimiliki Versi Biasa

Kompas.com - Diperbarui 22/06/2022, 14:09 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan, Telegram resmi meluncurkan layanan berlangganan "Telegram Premium", Minggu (19/6/2022).

Telegram Premium membawa sejumlah fitur eksklusif yang tidak hadir di Telegram versi biasa. Misalnya saja, mengirim file dengan ukuran maksimal hingga 4 GB, mengakses stiker animasi dan reaction bergerak, hingga menggunakan fitur lainnya tanpa iklan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar fitur Telegram Premium yang tidak ada di Telegram versi biasa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Telegram, selasa (21/6/2022).

Baca juga: Telegram Premium Resmi Meluncur, Ini Bedanya Dibanding Versi Biasa

1. Kirim file hingga 4 GB

Fitur Telegram Premium pertama yang akan diterima pengguna adalah kemampuan untuk mengirim file hingga 4 GB.

Kemampuan ini meningkat dua kali lipat dibanding batas maksimal file yang bisa dikirim oleh pengguna Telegram biasa alias versi gratis. Apabila belum atau tidak berlangganan Telegram Premium, pengguna hanya bisa mengirim file dengan ukuran maksimal 2 GB saja.

Kendati demikian, pengguna Telegram versi gratis masih bisa mengunduh file berukuran 4 GB yang dikirimkan oleh pengguna Telegram Premium.

2. Download lebih cepat

Layanan Telegram Premium menjanjikan kemampuan download (unduh) foto, video, dan file dengan lebih cepat.

Meski demikian, tidak diketahui secara pasti berapa kecepatan unduh maksimal yang bisa dicapai. Telegram hanya mengatakan, file akan terunduh dengan kecepatan "tercepat yang paling dimungkinkan".

Artinya, kecepatan unduh yang bisa dinikmati tergantung layanan internet yang disediakan oleh operator seluler.

Baca juga: Telegram Punya 700 Juta Pengguna Aktif, Luncurkan Fitur Berbayar

3. Akses ke lebih banyak grup dan kanal

Fitur Telegram Premium berikutnya adalah memungkinkan pelanggan bergabung ke 1.000 kanal dan grup chat.

Selain itu, membuat 20 folder dengan masing-masing 200 obrolan dan 20 link publik (t.me/nama), menyimpan hingga 10 stiker, menampung 400 GIF, serta menyematkan hingga 10 chat.

Sebagai perbandingan, pengguna Telegram gratis hanya dapat bergabung ke 500 kanal dan grup, menyematkan 5 chat, 10 tautan publik, dan menampung 200 GIF.

Pelanggan Telegram Premium dapat menikmati fitur biasa yang kemampuan/kapasitasnya ditingkatkan dua kali lipat.blog Telegram Pelanggan Telegram Premium dapat menikmati fitur biasa yang kemampuan/kapasitasnya ditingkatkan dua kali lipat.

Kemampuan lain yang bisa diraih oleh pengguna Premium adalah akses untuk dapat menulis bio yang lebih panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.