Kompas.com - 21/06/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia mengeluh konten yang muncul di tab Explore di aplikasi Instagram mereka berubah total. Mereka menduga algoritmanya telah di-reset oleh Instagram, seperti baru membuat akun.

Berbagai keluhan tersebut tertuang di media sosial Twitter. Menurut beberapa pengguna, konten yang ditampilkan di laman Explore IG sudah tak sesuai lagi dengan preferensi konten yang mereka sukai.

Alih-alih konten yang mereka lihat selama ini, pengguna mengaku laman Explore Instagram mereka menampilkan konten yang tidak mereka harapkan, seperti konten yang melibatkan alam, pemandangan, konten dari bidang fotografi, dan lain sebagainya.

Seperti diketahui, laman Explore di Instagram sendiri biasanya menampilkan aneka konten, baik itu postingan foto atau video Instagram Feed, yang sesuai dengan aktivitas/minat pengguna atau konten yang ditelusuri mereka di Instagram.

Baca juga: Bikin Penasaran, Bagaimana Instagram Pilih Foto di Tab Explore?

Artinya, jika pengguna menyukai atau sering menuliskan komentar di postingan yang melibatkan hewan peliharaan macam kucing, maka laman Explore IG mereka mayoritas bakal diisi dengan foto atau video kucing.

Nah jika tidak sesuai, maka pengguna boleh jadi bakal mengeluh dan kesal. Pasalnya, pengalaman memakai Instagram menjadi berbeda dan tidak nyaman, lantaran konten yang ditampilkan tidak sesuai dengan kegemaran atau minat pengguna.

KompasTekno sudah menghubungi pihak Instagram Indonesia soal fenomena konten di laman Explore yang berubah. Namun hingga berita ini ditayangkan, kami belum mendapatkan respons terkait hal tersebut.

Explore IG berubah karena Reels?

Ilustrasi tab Explore di aplikasi Instagram.Kompas.com/Bill Clinten Ilustrasi tab Explore di aplikasi Instagram.

Menurut berbagai laporan yang beredar di internet, fenomena konten laman Explore yang di-reset ini disebabkan oleh adanya "sedikit masalah" dalam algoritma Instagram, utamanya ketika Instagram menghadirkan konten Reels ke dalam tab Explore.

Seperti diketahui, konten yang ada di tab Explore kini memang tak hanya dipenuhi dengan foto atau video yang diposting di Instagram Feed, melainkan konten video pendek ala TikTok, alias Instagram Reels juga.

Baca juga: Beda Video Reels di Instagram dan Facebook

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.