Cara Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022 dengan Mengunduh Sertifikat via Website LTMPT

Kompas.com - Diperbarui 25/06/2022, 09:13 WIB

KOMPAS.com - Hasil seleksi dari jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat UTBK-SBMPTN 2022 telah diumumkan sejak 23 Juni lalu, melalui situs web LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Setelah melewati proses pengumuman tersebut, peserta dapat pula untuk melihat skor dari hasil tes UTBK-SBMPTN 2022 yang diperolehnya. Skor itu bisa dilihat melalui sertifikat UTBK-SBMPTN 2022 yang diterbitkan LTMPT.

Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah

Sertifikat tersebut bakal bisa diunduh atau download mulai 25 Juni dan berakhir hingga 31 Juli 2022. Proses download sertifikat UBTK-SBMPTN 2022 menjadi rangkaian yang wajib pula dilakukan oleh peserta.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi, adapun fungsi dari sertifikat UTBK-SBMPTN 2022 adalah untuk melengkapi syarat pemberkasan saat melakukan proses daftar ulang pada kampus tujuan.

Sedangkan bagi peserta yang belum lolos, sertifikat UTBK-SBMPTN 2022 bisa digunakan untuk mendaftar jalur seleksi mandiri dari beberapa kampus negeri, seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, dan sebagainya.

Pada beberapa jalur mandiri di kampus negeri, mekanisme seleksinya bisa menggunakan skor yang dicapai peserta dalam tes UTBK-SBMPTN 2022. Dengan mekanisme seperti itu, peserta tak perlu lagi untuk menjalankan tes tulis.

Sementara itu, untuk melihat skor dari hasil tes tersebut, caranya bisa dengan download sertifikat UTBK-SBMPTN 2022 melalui laman “pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id”. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara melihat skor UTBK-SBMPTN 2022.

Cara melihat skor UTBK-SBMPTN 2022 via website LTMPT

  • Kunjungi link download sertifikat UTBK-SBMPTN 2022 ini https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.
  • Selanjutnya, masukkan nomor peserta SBMPTN 2022.
  • Masukkan pula tanggal lahir dari nomor peserta itu.
  • Terakhir, klik opsi “Lihat Hasil”.
  • Setelah itu, bakal muncul opsi untuk melakukan pengunduhan sertifikat UTBK-SBMPTN 2022.
  • Pada opsi itu, peserta bisa melihat skor UTBK-SBMPTN 2022 yang diberolehnya.

Selain itu, cara melihat skor UTBK-SBMPTN 2022 juga bisa diakses dengan mengunduh sertifikatnya lewat  laman https://portal.ltmpt.ac.id/. Peserta dapat login ke laman tersebut menggunakan akun yang sama saat mendaftar tes UTBK-SBMPTN 2022.

Baca juga: Apa Itu Kebijakan PSE yang Bikin Google, Facebook, WhatsApp dkk Terancam Diblokir di Indonesia?

Setelah berhasil login, klik opsi untuk mengunduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2022. Demikianlah informasi seputar cara melihat skor UTBK-SBMPTN 2022 dengan mengunduhnya via situs web LTMPT, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.