Gelombang Kedua PHK di Netflix, 300 Karyawan Terdampak

Kompas.com - 24/06/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Netflix dilaporkan kembali melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 300 karyawannya. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan PHK yang dilakukan Netflix kepada 150 pegawainya pada Mei lalu.

Netflix mengatakan, jumlah 300 karyawan yang di-PHK tersebut setara dengan 4 persen dari total pegawai Netflix saat ini. Ratusan karyawan yang di-PHK ini sebagian besar berasal dari wilayah Amerika Serikat (AS).

Menurut laporan Variety, PHK massal dilakukan Kamis (23/6/2022) dan menjadi pemutusan kerja babak kedua yang dilakukan Netflix pada tahun 2022 ini.

Baca juga: Netflix PHK 150 Karyawan setelah Jumlah Pelanggan Menurun

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Netflix mengatakan perlu menyesuaikan biaya operasionalnya dengan cara melakukan PHK karena pertumbuhan pendapatannya yang melambat.

"Kami membuat penyesuaian ini sehingga biaya kami tumbuh sejalan dengan pertumbuhan pendapatan kami yang lebih lambat," kata Netflix, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BBC, Jumat (24/6/2022).

Pertumbuhan pendapatan yang melambat ini agaknya merupakan imbas dari progres pelanggan berbayar Netflix yang juga tersendat. Adapun perlambatan pertumbuhan pengguna itu juga dilatarbelakangi karena ketatnya persaingan platform streaming film saat ini.

Alih-alih bertambah, pelanggan Netflix justru menurun pada kuartal I-2022. Pada tiga bulan pertama 2022, tercatat bahwa penyedia layanan streaming film itu kehilangan 200.000 pelanggan berbayarnya di seluruh dunia.

Baca juga: Beda Nasib dengan Netflix, Pelanggan Disney+ Justru Naik Hampir 8 Juta di Awal Tahun 2022

Penurunan jumlah pelanggan berbayar ini merupakan yang pertama kali terjadi dalam 10 tahun terakhir. Terakhir kali Netflix kehilangan pelanggannya adalah pada Oktober 2011 lalu.

Netflix memprediksikan perusahaannya bakal kembali kehilangan 2 juta pelanggan berbayar secara globalpada kuartal II (April-Juni) 2022.

Setidaknya ada beberapa faktor yang dinilai telah memengaruhi menurunnya jumlah pelanggan Netflix pada kuartal I-2022 itu.

Halaman:
Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.