Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Fitur "Notes", Mirip IG Stories tapi Hanya Tulisan

Kompas.com - 25/06/2022, 08:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram tengah menguji coba sebuah fitur baru yang mirip Instagram Stories (IG Stories), bernama "Notes".

Sesuai namanya, fitur Instagram Notes ini memungkinkan pengguna untuk berbagi pemikirannya melalui catatan atau dalam bentuk teks.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh juru bicara Meta Platforms Inc. (dulu Facebook Inc.) yang merupakan perusahaan induk Instagram. Untuk saat ini, uji coba fitur Instagram Notes dilakukan secara terbatas pada sejumlah pengguna saja.

"Kami selalu mencari cara untuk membantu Anda terhubung dengan lebih baik di Instagram. Kami sekarang sedang menguji Notes sehingga orang dapat dengan cepat berbagi pemikiran dengan teman-teman mereka," kata juru bicara Meta.

Baca juga: Cara Membuat NGL Link Instagram yang Sedang Viral di IG Stories

Juru bicara Meta sendiri tidak membagikan detail lebih lanjut soal fitur yang masih dalam tahap uji coba ini.

Namun, salah seorang pengguna bernama Ahmed Ghanem yang kebagian uji coba fitur ini membagikan beberapa tangkapan layar dari fitur Instagram Notes.

Tangkapan layar itu menunjukkan bahwa Instagram Notes akan muncul di bagian atas Direct Message (DM) Instagram.

Muncul di laman DM, hilang dalam 24 jam

Sesuai namanya, fitur Instagram Notes ini memungkinkan pengguna untuk berbagi pemikirannya melalui catatan alias notes.

Menurut informasi, pengguna dapat menuliskan catatan hingga 60 karakter, lalu membagikannya kepada teman dekat (close friends) atau orang yang diikuti balik oleh pengguna (follow back).

Fitur Instagram Notes ini mirip seperti mode "create" di Instagram Stories, yakni sama-sama bisa digunakan untuk membuat posting berbentuk teks dan akan menghilang dalam waktu 24 jam.

Tampilan Instagram Notes yang sedang diuji coba oleh Instagram.Twitter/ @ahmedghanem Tampilan Instagram Notes yang sedang diuji coba oleh Instagram.
Yang membuat fitur "Notes" berbeda dengan Instagram Stories adalah penempatannya. Bila mode create pada IG Stories muncul di halaman muka, maka fitur "Notes" hanya akan muncul di jendela direct message (DM), seperti gambar di atas.

Ketika membuka DM, pengguna akan melihat baris baru di bagian atas. Di sana, ada keterangan "Notes" dengan ikon "+" untuk opsi "Leave a note" (tinggalkan pesan).

Jadi, nantinya, setiap notes yang diunggah pengguna akan muncul selama 24 jam di laman direct message itu. Teman dekat atau orang yang menerima notes ini dapat membalasnya melalui pesan.

Baca juga: Instagram Bakal Minta Video Selfie untuk Verifikasi Umur Pengguna

Fitur ini diharapkan dapat membantu menampilkan pesan penting dari pengguna kepada teman dekatnya.

Karena ditampilkan di DM Instagram, fitur "Notes" agaknya dapat memiliki visibilitas yang lebih tinggi, dibanding IG Stories, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Sabtu (25/6/2022).

Musababnya, baris Instagram Stories menjadi pusat ditampilkannya seluruh status pengguna baik yang dibagikan kepada publik atau close friends.

Ini membuat postingan IG Stories dapat tertumpuk dengan postingan pengguna lain yang lebih baru. Sementara Instagram Notes yang letaknya lebih spesifik di kolom DM, tidak akan tertumpuk seperti IG Stories.

Saat ini, fitur Instagram Notes masih dalam tahap uji coba. Belum diketahui apakah Instagram akan secara resmi meluncurkan fitur ini ke seluruh penggunanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com