Link Pengumuman PPDB Jateng 2022 Jenjang SMA dan SMK serta Ketentuan Daftar Ulangnya

Kompas.com - Diperbarui 04/07/2022, 09:26 WIB

KOMPAS.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru wilayah Jawa Tengah atau PPDB Jateng 2022 telah berakhir sejak Jum’at lalu, (1/7/2022), pukul 16.00 WIB. Hasil seleksinya sendiri bakal diumumkan mulai 4 Juli 2022.

Perlu diketahui, pada pendaftaran PPDB Jateng 2022, terdapat beberapa jalur seleksi yang bisa dipilih peserta untuk bisa melanjutkan studi ke jenjang SMA atau SMK.

Baca juga: Link dan Cara Beli Tiket Konser Dream Theater via Tiketapasaja.com serta Harganya

Untuk jenjang SMA, terdapat jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua (PTO), dan Prestasi. Sementara untuk pendaftaran ke SMK, peserta dapat memilih jalur afirmasi, prestasi, dan domisili terdekat.

Sebelum diumumkan hasil seleksinya, peserta telah lebih dulu melalui proses pengunggahan berkas persyaratan pendaftaran, aktivasi akun, dan melakukan pendaftaran pemilihan sekolah secara daring via situs web “ppdb.jatengprov.go.id”.

Pada 4 Juli 2022, peserta juga bisa melihat hasil seleksi di pengumuman PPDB Jateng 2022 secara daring via situs web tersebut. Bagi peserta atau orang tua/wali peserta, berikut adalah cara cek pengumuman PPDB Jateng 2022 secara daring untuk jenjang SMA dan SMK.

Cara cek pengumuman PPDB Jateng 2022

  • Kunjungi link pengumuman PPDB Jateng 2022 ini https://ppdb.jatengprov.go.id.
  • Pilih jenjang pendaftaran yang diikuti (SMA atau SMK).
  • Selanjutnya, klik jalur seleksi yang dipilih.
  • Pada kolom “Peserta”, klik opsi “Memantau Hasil Seleksi”.
  • Selanjutnya, peserta bakal dialihkan ke menu “Seleksi”.
  • Pada menu tersebut klik opsi “Pilih Sekolah”.
  • Cari dan pilih sekolah yang dituju untuk mendaftar PPDB Jateng 2022.
  • Selanjutnya, bakal muncul daftar nama peserta yang lolos sebagai hasil seleksi PPDB Jateng 2022.

Bila peserta dinyatakan lolos seleksi maka wajib mengikuti proses selanjutnya. Adapun proses setelah pengumuman PPDB Jateng 2022 adalah daftar ulang, yang diselenggarakan mulai 5-7 Juli mendatang.

Untuk ketentuan daftar ulang PPDB Jateng 2022, bisa dilihat melalui penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi PPDB Jateng.

Ketentuan daftar ulang PPDB Jateng 2022

  • Peserta didik yang diterima di Satuan Pendidikan wajib melakukan daftar ulang, dan bagi yang tidak melakukan daftar ulang dianggap mengundurkan diri.
  • Ketentuan dan tata cara daftar ulang akan diatur lebih lanjut oleh Satuan Pendidikan masing-masing berdasarkan kondisi kedaruratan Covid-19.

Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah

Dengan ketentuan tersebut, peserta yang lolos dapat mencari informasi lebih lanjut ke sekolah tujuan (SMA atau SMK) pendaftaran secara langsung untuk mengetahui proses daftar ulangnya.

Demikian penjelasan seputar cara cek pengumuman PPDB Jateng 2022 jenjang SMA dan SMK, berikut dengan ketentuan daftar ulangnya, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.