Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Perpanjang Waktu Hapus Pesan Terkirim Hingga 2,5 Hari?

Kompas.com - 04/07/2022, 16:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp diyakini bakal memperpanjang batas waktu menghapus pesan menggunakan fitur "delete for everyone" atay "hapus untuk semua".

Saat ini, opsi delete for everyone hanya bisa digunakan dalam waktu tertentu, yakni 4.096 detik alias 1 jam 8 menit 16 detik.

Bila lewat dari limit waktu itu, opsi "delete for everyone" akan hilang dan pesan yang dikirim tak lagi bisa dibatalkan (unsend). Jadi, pengirim pesan harus cepat-cepat menarik pesan miliknya.

Baca juga: WhatsApp Bakal Perpanjang Waktu Hapus Pesan?

Namun, hal ini tampaknya bakal berubah di masa mendatang. Pasalnya, WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur delete for everyone dengan batas waktu lebih panjang, yaitu 60 jam atau 2 hari 12 jam (2,5 hari).

Fitur baru ini diketahui sudah mulai diuji coba ke pengguna WhatsApp Beta. Hal tersebut diungkapkan oleh WABetaInfo, situs yang kerap memberi bocoran akurat soal calon fitur-fitur baru WhatsApp.

WABetaInfo melaporkan, WhatsApp terlihat menyertakan fitur delete for everyone dengan batas waktu 2,5 hari pada WhatsApp beta versi 2.22.15.8 untuk ponsel Android.

Dengan begitu, pengguna memiliki waktu yang lebih lama untuk menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirimnya.

Saat ini, fitur delete for everyone dengan batas waktu 2,5 hari itu masih dalam tahap uji coba. Belum diketahui apakah WhatsApp akan secara resmi meluncurkan fitur ini ke seluruh penggunanya.

Baca juga: Sudah Bisa di Indonesia, Begini Cara Hapus Pesan Salah Kamar di WhatsApp

Siapkan fitur unsend tanpa batas waktu?

Perbedaan fitur delete for everyone pada pesan di WhatsApp beta (kiri) dan WhatsApp biasa (kanan).WABetaInfo Perbedaan fitur delete for everyone pada pesan di WhatsApp beta (kiri) dan WhatsApp biasa (kanan).
Pada Desember 2021, WABetaInfo juga sempat melaporkan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan fitur delete for everyone tanpa limit waktu. Jadi, pengguna WhatsApp bisa melakukan unsend atau batalkan kirim pesan kapan pun mereka inginkan.

Ketika itu, WhatsApp terlihat menyertakan fitur delete for everyone tanpa batas waktu dalam WhatsApp beta versi 2.21.23.1 untuk ponsel Android.

Namun, hingga kini, WhatsApp belum kunjung merilisnya ke pengguna. Hal tersebut terbilang wajar. Sebab fitur yang masih dalam tahap pengembangan maupun uji coba belum tentu dirilis ke pengguna secara luas.

Di samping itu, fitur yang diuji coba juga masih mungkin berubah ketika resmi dirilis ke pengguna di masa mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (4/7/2022).

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Delete for Everyone Tanpa Batas Waktu

Limit sudah diperpanjang satu kali

Sedikit menilik ke belakang, fitur hapus pesan atau delete for everyone dirilis sejak tahun 2017 lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menarik kembali pesan yang sudah telanjur dikirim ke teman, baik di ruang obrolan personal maupun grup. 

Saat pertama kali dirilis, pengirim pesan harus cepat-cepat menarik pesan dengan batasan waktu maksimal 7 menit saja setelah dikirim.

Nah, baru pada 2018, WhatsApp memperpanjang limit waktu fitur delete for everyone menjadi 1 jam 8 menit 16 detik. Hal ini tampaknya dilakukan sebagai upaya WhatsApp untuk menuruti permintaan pengguna yang ingin menghapus pesan terkirim dengan durasi lebih lama.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Hapus Pesan Terkirim

Apabila pesan yang terlanjur terkirim berhasil dihapus, sang penerima tak akan melihat pesan yang sebelumnya dikirimkan. Alih-alih isi pesan, sang penerima pesan justru akan mendapatkan notifikasi berbunyi “this message was deleted” atau “pesan ini telah dihapus”.

Meski demikian, perlu dicatat, pesan hanya akan sukses terhapus jika si penerima pesan memperoleh notifikasi pencabutan pesan dalam waktu 13 jam 8 menit dan 16 detik sejak di-unsend.

Notifikasi bisa saja tertunda karena koneksi internet yang lemah, perangkat sedang dalam Flight Mode, atau sedang tidak aktif.

Jika penerima pesan baru menerima notifikasi penghapusan pesan lewat dari durasi tersebut, pesan tidak akan terhapus, dan penerima masih bisa membaca isi pesan.

Baca juga: Begini Cara Hapus Pesan WhatsApp Tanpa Batas 7 Menit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com