Kilas Balik Samsung Galaxy Note Series yang Kini Pensiun

Kompas.com - 02/03/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Hadirnya Samsung Galaxy S22 Ultra pada bulan lalu, secara tidak langsung menegaskan bahwa Samsung Galaxy Note series kini telah pensiun.

Perusahaan membekali Galaxy S22 Ultra dengan “DNA” desain dan teknologi yang biasa disematkan pada lini ponsel Galaxy Note.

Dari segi desain, Galaxy Ultra S22 Ultra punya sudut bodi yang hampir mirip dengan Galaxy Note 20 Ultra, yakni sudut menyiku, bukan melengkung seperti umumnya yang dipakai pada Galaxy S series.

Kemudian, adaptasi yang paling mencolok juga bisa ditemukan pada penggunaan S Pen atau stylus (pena) khas Samsung di Galaxy S22 Ultra. Ponsel ini punya kompartemen khusus di bagian bodi bawah yang memuat S Pen, persis seperti Galaxy Note series.

Baca juga: Samsung Resmi Pensiunkan Smartphone Galaxy Note

Dengan dua persamaan tersebut, Galaxy S22 Ultra kerap dijuluki juga secara tidak resmi dengan Galaxy Note 22 Ultra. Secara kasar, dua persamaan itu memang cukup untuk mengatakan bahwa Galaxy Note series kini telah pensiun dan digantikan oleh Galaxy S22 Ultra.

Berakhirnya lini ponsel Galaxy Note juga ditegaskan oleh Roh Tae-moon, Head of Samsung Electronics Mobile Experience, yang mengatakan bahwa Galaxy S Ultra bakal menggantikan Galaxy Note series mulai saat ini.

"Galaxy Note akan keluar sebagai (Galaxy S) Ultra mulai sekarang,” kata Roh Tae-moon dalam wawancara di sela acara MWC (Mobile World Congress) 2022, sebagaimana dilansir XDA Developer, Rabu (2/3/2022).

Dari pernyataan tersebut menandakan perusahaan secara resmi tidak bakal merilis model ponsel baru dalam seri Galaxy Note. Sebaliknya, jajaran Galaxy S Ultra ke depan akan menjadi penerus seri Galaxy Note yang telah pensiun.

Hingga pengumuman tersebut mencuat ke publik, Galaxy Note series sejauh ini berarti telah mengisi pasar ponsel flagship selama kurang lebih 10 tahun. Banyak kisah yang menghiasi kehadiran model dari lini ponsel Galaxy Note ini.

Penasaran dengan kisahnya? berikut kilas balik Samsung Galaxy Note series yang kini telah pensiun.

1. Galaxy Note generasi pertama

Ilustrasi Samsung Galaxy Note generasi pertamaSamsung.com Ilustrasi Samsung Galaxy Note generasi pertama

Samsung pertama kali meluncurkan ponsel Galaxy Note generasi pertama tahun 2011. Saat itu, Galaxy Note hadir secara mengejutkan, dengan mengusung bentang layar yang relatif lebih besar daripada ponsel kebanyakkan saat itu.

Galaxy Note generasi pertama mengusung layar berbentang 5,3 inci dengan resolusi HD. Samsung setidaknya mendapat dua cemoohan akibat rilisnya ponsel tersebut. Galaxy Note generasi pertama dianggap punya layar yang terlalu besar.

Kemudian, Galaxy Note generasi pertama juga diejek terlalu kuno karena mengusung stylus seperti pada ponsel lawas dengan layar sentuh kapasitif. Namun ejekan itu semuanya berubah, setelah Samsung berhasil menjual 10 juta unit Galaxy Note generasi pertama.

Galaxy Note akhirnya mampu menjadi acuan untuk smartphone Android di masa-masa selanjutnya. Ponsel ini berhasil mengubah anggapan umum tentang pengguna tidak menginginkan layar besar, sebagaimana dilansir Android Authority.

2. Galaxy Note 2

Ilustrasi Samsung Galaxy Note 2 Samsung.com Ilustrasi Samsung Galaxy Note 2

Galaxy Note 2 dirilis pada tahun 2012, yang membawa sejumlah penyempurnaan. Samsung kala itu berhasil menjual lebih dari 3 juta unit dalam waktu dua bulan setelah peluncuran.

Galaxy Note 2 didukung layar yang lebih besar dari pendahulunya, yakni sebesar 5,5 inci dengan dimensi yang lebih tipis. Samsung juga mengurangi latensi untuk input S Pen di layar pada Galaxy Note 2.

Kemudian, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu juga mengenalkan fitur Air View di Galaxy Note 2, yang memungkinkan pengguna untuk meninjau konten di ponselnya menggunakan S Pen tanpa harus menyentuh layar.

3. Galaxy Note 3

Ilustrasi Samsung Galaxy Note 3Samsung.com Ilustrasi Samsung Galaxy Note 3

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.