Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status “Online” WhatsApp Bakal Bisa Disembunyikan?

Kompas.com - 05/07/2022, 18:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, WhatsApp merilis fitur untuk menyembunyikan "Last Seen" (terakhir dilihat) di beberapa kontak tertentu. Kini, aplikasi perpesanan itu kabarnya juga tengah menguji coba fitur untuk menyembunyikan status "online", meskipun pengguna sedang aktif.

Status 'online" biasanya bisa dibaca pengguna lain ketika membuka ruang obrolan (chatroom) salah satu kontak. Status "online" akan muncul tepat di bawah nama kontak.

Pengguna bisa melihat status online milik kontak lain saat si pemilik kontak membuka aplikasi WhatsAapp, baik ketika sedang chatting, scrolling beranda WhatsApp, atau saat membuat Status WhatsApp.

Baca juga: 5 Cara Membuat WhatsApp Terlihat Offline padahal Sedang Online, Coba Trik Ini Saat Cuti

Akan tetapi, sebagian pengguna WhatsApp lebih menyukai bila status "online" tersebut tidak terlihat oleh pengguna lain. Sehingga, pengguna lain tidak perlu mengetahui apakah dirinya sedang membuka WhatsApp atau tidak.

Kabar soal uji coba fitur untuk menyembunyikan status "online" di WhatsApp diungkap situs WABetaInfo, yang kerap membocorokan calon fitur baru WhatsApp sebelum resmi dirilis.

 

Menurut WABetaInfo, fitur menyembunyikan status online WhatsApp akan digelontorkan untuk pengguna Android, iOS, dan desktop di masa mendatang.

Bocoran fitur menyembunyikan status online Whatsapp

WABetaInfo mengunggah tangkapan layar (screenshot) fitur untuk menyembunyikan status online di Whatsapp versi iOS.

Tangkap layar dari pengaturan tambahan untuk status Online baru di Whatsapp (Sumber: WA Beta Info)WA Beta Info Tangkap layar dari pengaturan tambahan untuk status Online baru di Whatsapp (Sumber: WA Beta Info)
Tampak dari gambar tersebut, opsi untuk menyembunyikan status online WhatsApp ada di menu "Privasi" yang bisa diakses lewat setelan (setting) > akun (account) > privasi (privacy) > terakhir dilihat (last seen) & online".

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

Lalu, di laman pengaturan "last seen & online", pengguna akan menemui sub menu, yaitu “who can see my last seen” (siapa yang dapat melihat ‘terakhir dilihat’ saya) dan "who can see when I’m online" (siapa yang dapat melihat saat saya aktif (di Whatsapp)).

Pada fitur ini, pengguna dapat menyembunyikan kapan terakhir kali dia “online”. Ada empat pilihan yang tersedia, yakni “Everyone” berarti semua pengguna dapat melihat waktu terakhir Anda aktif, “My Contacts” yaitu hanya nomor kontak yang pengguna simpan, dan “My Contacts Except …” mengecualikan beberapa nomor kontak lebih spesifik.

Sementara opsi terakhir adalah “Nobody” yang berarti tidak ada seorang pengguna pun yang dapat melihat kapan terakhir pengguna lain membuka WhatsApp.

Nah, untuk kolom kedua, pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status online ketika dia sedang aktif.

Pilihan yang tersedia ada dua. Pertama, yaitu “Everyone” yang memungkinkan semua pengguna dalam kontak ataupun penggunua yang baru berinteraksi (nomor yang belum disimpan), bisa melihat status online pengguna.

Sedangkan opsi kedua, yakni “same as last seen” berarti menyamakan pengaturan dengan fitur “Last Seen” sebelumnya.

Baca juga: WhatsApp Bakal Perpanjang Waktu Hapus Pesan Terkirim Hingga 2,5 Hari?

Perlu diketahui bahwa apabila pengguna ingin menyembunyikan status online dan “Last Seen”, maka pengguna juga tidak dapat melihat status yang sama dari pengguna lainnya. Artinya, pengaturan ini berlaku juga sebaliknya.

Fitur untuk menyembunyikan status online di WhatsApp masih dalam tahap uji coba. Belum diketahui kapan fitur ini akan resmi meluncur dan bisa digunakan ke pengguna lebih luas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Selasa (5/7/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com