Kompas.com - 14/07/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Twitter mengumukan fitur baru bernama "unmention". Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus mention/sebutan yang melibatkan handle-nya.

Jadi, apabila dalam sebuah twit, akun pengguna di-mention orang lain, pengguna bisa menghapus mention tersebut.

Fitur yang sudah diuji coba Twitter sejak bulan April lalu, diumumkan langsung lewat akun resmi Twitter dengan handle @TwitterSafety.

“Terkadang Anda (pengguna) mungkin merasa tidak ingin menyimak (percakapan). Kontrol akun yang "mention" Anda dan tinggalkan percakapan melalui (fitur) "unmentioning", sekarang sudah hadir untuk seluruh pengguna di perangkat apapun,” begitu isi pengumuman Twitter.

Baca juga: Arti Kata “She’s a 10 but” yang Tengah Ramai di Twitter

Selain menghapus mention, pengguna juga bisa mencegah akunnya di-mention lagi di twit atau thread (utas) yang sama.

Fitur “unmention” ini sudah tersedia untuk semua pengguna Twitter versi mobile (iOS dan Android) serta versi desktop. Berdasarkan pengamatan KompasTekno, fitur ini sudah hadir di Indonesia.

Pengguna hanya perlu mengetuk ikon titik tiga yang berada di sebelah twit. Opsi yang tersedia nanti akan muncul “leave this conversation”/ "tinggalkan percakapan".

Saat pilihan tersebut diklik, Twitter akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna dalam bentuk pesan pop-up. Tujuannya sebagai bentuk pertimbangan apakah pengguna benar-benar yakin untuk keluar dari percakapan.

Baca juga: Arti Kata “Bdmd” yang Sering Digunakan di Twitter

Jadi, apabila pengguna menghapus mention, maka ada tiga hal yang akan terjadi. Pertama, mention akun Anda akan dihapus, orang-orang tidak akan lagi bisa menyebut Anda di twit, dan Anda tidak akan menerima notifikasi terkait percakapan.

Setelah meninggalkan percakapan, nama akun pengguna akan tetap muncul. Hanya saja warna akun yang ditandai berubah dari biru menjadi hitam.

Perubahan warna tersebut akan mengindikasikan pengguna lain bahwa Anda sudah keluar dari percakapan dan tidak dapat di-mention kembali.

Dirangkum dari 9to5Mac, Kamis (14/7/2022), Twitter juga tengah mempersiapkan fitur anti-abuse (anti-kekerasan) baru yakni "Safety Mode" yang akan memblokir secara otomatis twit yang tidak mengenakan yang me-mentions akun pengguna. Fitur ini kabarnya sudah mulai diuji coba bulan Februari lalu.

Baca juga: Arti Kata “Afh Iyh” yang Ramai Digunakan di Twitter

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.